Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Konsolidasi Rencana Kerja, Bentuk Optimisme, Soliditas, dan Kerja Sama Kanwil DJKN Sulseltrabar dengan KPKNL
Dwiyani Permatasari
Senin, 15 Februari 2021   |   308 kali

Makassar - Rabu (10/02) Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) melaksanakan rapat Konsolidasi Rencana Kerja Tahun 2021, yang berlangsung di aula A’Bulo Sibattang Lt. 5 Kanwil DJKN Sulseltrabar. Dihadiri oleh Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang serta Kepala Seksi dari Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Bidang Penilaian, Bidang Piutang Negara (PN), Bidang Lelang, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI), dan Kelompok Jabatan Fungsional Kanwil DJKN Sulseltrabar. Selain itu turut pula hadir Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) beserta Kepala Seksi terkait.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ekka S. Sukadana, dengan menyampaikan apresiasi terhadap capaian Harga Pokok Lelang KPKNL Kendari di awal tahun 2021 sebesar Rp41,8 miliar dengan Biaya Lelang sebesar Rp2,29 miliar. Keberhasilan yang sama juga diharapkan bisa dicapai oleh seluruh KPKNL di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar. Ekka berpesan, untuk penentuan target dapat melihat tren realisasi atau kemampuan Bidang maupun KPKNL selama tiga tahun terakhir. Ekka juga menyampaikan apresiasi yang sama terhadap penyelesaian tindak lanjut revaluasi BMN pada KPKNL Makassar yang merupakan tugas bersama, kolaborasi antara KPKNL dengan Bidang PKN dan Penilaian untuk penuntasannya. “Walaupun tindak lanjut ini telah selesai, tapi saya sangat berharap bahwa kita bisa mempersiapkan diri untuk memberikan feedback terhadap BPK jika nanti kita ditunjuk sebagai salah satu sample pemeriksaan revaluasi BMN ini”, lanjut Ekka. Ekka juga menegaskan bahwa ia akan mendampingi dan memantau secara langsung maupun secara daring apabila ada pemeriksaan hasil revaluasi oleh BPK pada KPKNL di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Pada kesempatan yang sama, Ekka juga mengingatkan kepada para pegawai mengenai telah terbitnya beberapa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terbaru agar dipahami dan diimplementasikan, antara lain terkait Petunjuk Pelaksanaan Lelang, Pengelolaan Piutang Negara, dan Crash Program Pengurusan Piutang Negara. “Untuk crash program ini saya berharap di KPKNL bisa segera melakukan identifikasi dan sebagainya, karena crash program ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)”, ucap Ekka.

Selanjutnya pembahasan tentang pencanangan Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2021 khususnya pada Kanwil DJKN Sulseltrabar dan KPKNL Makassar. Sebagai langkah awal, akan dilakukan penilaian mandiri dengan menyiapkan dokumen bernarasi ZI dan WBK, menciptakan inovasi yang berorientasi WBK, melakukan internalisasi kepada semua personil tak terkecuali kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) tentang makna dari nilai-nilai Kementerian Keuangan, disamping itu publikasi yang gencar sejak dimulainya pencanangan, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh seksi KI.

Menutup arahannya, Ekka menyampaikan tentang peralihan jabatan struktural ke fungsional utamanya bagi Jabatan Fungsional Pelelang dan Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah. Merujuk dari PERMENPAN-RB, peralihan jabatan tersebut bertujuan untuk terciptanya kecepatan, ketepatan, aman dalam pelayanan yg berkualitas bagi masyarakat, mampu memahami keinginan pengguna layanan, ramah dan melindungi, dan menyesuaikan dengan era digitalisasi yg sifatnya mandiri dan lincah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh masing-masing Bidang dan KPKNL, yang dilanjutkan dengan diskusi secara terbuka dan respon/arahan oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar. (Teks/Gambar: Dwiyani Permatasari Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini