Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat
Berita DJKN

DKO Awal Tahun 2021, Momentum Evaluasi Kinerja dan Penetapan Strategi

Senin, 11 Januari 2021   |   10 kali

Awal tahun 2021 menjadi salah satu momentum untuk monitoring dan evaluasi capaian kinerja yang telah dilakukan selama triwulan IV Tahun 2020. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Jumat (8/01) di Ruang Rapat Kanwil DJKN Sulseltrabar, Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana, dan dihadiri seluruh pejabat administrator Kanwil DJKN Sulseltrabar beserta jajaran. Dalam kesempatan tersebut, capaian kinerja termasuk kendala, rencana aksi, dan mitigasi risiko terhadap capaian kinerja menjadi pembahasan seluruh peserta.

Ekka dalam pembukaannya menyampaikan, “awal tahun meskipun masih terjadi pandemi covid-19, namun diharapkan seluruh pegawai untuk terus melaksanakan tugas dengan semangat, mengingat Pandemic tidak hanya soal ilmiah, tetapi perlu sugesti untuk menyeimbangkan agar kita tidak terkena dampak. Semoga seluruh pegawai selalu diberikan kesehatan, dan yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan.

Arahan Ekka dibuka dengan paparan alokasi dan pelaksanaan anggaran Tahun 2021, bahwa coverage anggaran tidak per eselon I, namun lingkup yang lebih luas lagi yaitu Kementerian Keuangan. Program tidak lagi mencerminkan masing-masing Eselon I, namun
mencerminkan program riil yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Kegiatan tidak disusun dengan nomenklatur yang identik dengan Unit Kerja Eselon II atau Satuan Kerja Vertikal, namun lebih mencerminkan aktivitas yang dilaksanakan oleh unit. Struktur anggaran berupa program pengelolaan kekayaan negara, perbendaharan, dan risiko dengan output utilisasi kekayaan negara. Dalam struktur tersebut, meliputi kegiatan komunikasi, edukasi dan standarisasi; monitoring dan evaluasi perbendahaan, kekayaan negara dan risiko; pengelolaan aset; pengelolaan kas dan pembiayaan negara; penyelenggaraan akuntansi dan pelaporan keuangan negara; serta
perumusan dan keputusan administratif.

Ekka juga menyampaikan prioritas unggulan Kementerian Keuangan TA 2021 yang meliputi Program Pemulihan Ekonomi Nasional; Percepatan sertifikasi BMN berupa tanah; Penilaian aset SDA Sub Akun Nikel; Kajian Social Economic Benefit atas Kinerja Investasi Pemerintah; dan Dukungan Pembentukan Lembaga Pengelola Investasi. Selanjutnya rencana kerja DJKN Tahun 2021 dengan fokus utama pada output program utilisasi kekayaan negara. Terkait capaian kinerja 2020 dan target 2021, Ekka menambahkan “diharapkan tidak hanya berorientasi pada hasil serta tidak hanya terpaku pada target lantas berhenti, namun terus memberikan yang terbaik.”

Capaian Kinerja Triwulan IV Tahun 2020 dipaparkan oleh Wawan Hariyanto selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Wawan menyampaikan bahwa sebanyak 17 (tujuh belas) Indikator Kinerja Utama (IKU) telah tercapai optimal atau berwarna hijau. Sedangkan terhadap IKU belum optimal, Wawan menginisiasi pembahasan terhadap akar masalah dan tindak lanjut yang telah dilaksanakan oleh tiap-tiap bidang selaku pemilik peta strategis.

Menanggapi IKU yang belum optimal, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Desak Putu Jeny menyampaikan bahwa hal tersebut disebabkan proses permohonan pemanfaatan pada satker yang berjenjang sehingga membutuhkan waktu lama, dengan isu utama adanya pandemic Covid-19 di tahun 2020. Terhadap kendala tersebut, Jeny menyampaikan telah menindaklajuti diantaranya dengan melakukan wasdal periodik dan insidentil terkait upaya pemanfaatan diluar persetujuan pengelola.

Pembahasan terhadap IKU selanjutnya, dilakukan Wawan dengan masing-masing pemilik peta strategis. Arahan Ekka kepada seluruh peserta DKO untuk terus bekerja sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku serta tetap menjaga integritas, menjadi pesan penutup rapat DKO tersebut.(Teks/Foto: Dwiyani Permatasari Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |