Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lantik Calon Pegawai Negeri Sipil, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ingatkan Amanah, Kinerja, dan Adaptasi Perubahan
Dwiyani Permatasari
Kamis, 08 Oktober 2020   |   138 kali

Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) melantik dan mengambil sumpah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari di aula kantor KPKNL Kendari dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada Jumat (02/10). Pelantikan yang disaksikan Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Sulseltrabar, Indera Widajanto, dan Kepala KPKNL Kendari, Adi Suharna beserta jajaran tersebut dilaksanakan kepada empat Calon Pegawai Negeri Sipil yang menempati kedudukan baru di KPKNL Kendari.

Dalam arahannya, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah memberikan amanah atau tanggung jawab yang lebih tinggi dari sebelumnya Pegawai yang dilantik masih berstatus sebagai CPNS, namun dengan pelantikan telah resmi menjadi PNS dengan seluruh kewajiban dan tanggung jawabnya. Terkait hal tersebut, tidak hanya hak-hak kepegawaian namun juga menyangkut tanggung jawab dan juga wewenang sebagai PNS, salah satu hak yang dimiliki sebagai seorang PNS yaitu menyangkut pengembang diri dan karir. “Jadikanlah KPKNL Kendari ini sebagai titian awal yang baik dalam meniti karir, berkontribusi kepada negara, memberikan manfaat bagi negara dan menjadi wakil dari negara”, ucap Ekka.

Lebih lanjut Ekka menyampaikan, dalam pengembangan karir terdapat beberapa hal yang perlu pegawai pahami, bahwa di Kementerian Keuangan mempunyai 5 (lima) nilai-nilai dasar yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan sebagai pedoman bagi pegawai dalam melaksanakan tugas. PNS Kementerian Keuangan dituntut untuk memiliki kompetensi dan kemampuan untuk dapat bekerja sama terutama di tataran operasional seperti di KPKNL Kendari. Kerja sama menjadi sangat penting karena dapat menyukseskan pelaksanaan tugas dan fungsi baik dalam bidang teknis seperti Lelang, Pengelolaan Kekayaan Negara, Pengurusan Piutang Negara, Penilaian maupun Supporting Unit seperti pada Bagian Umum, Kepatuhan Internal, serta Hukum dan Informasi. Ekka juga berpesan kepada pegawai agar dapat menjalin komunikasi yang baik dalam bersikap dan berucap sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang solid dan menumbuhkan semangat baru.

Seluruh pegawai yang dilantik merupakan generasi milenial, untuk itu diharapkan dapat berorientasi pada hasil. Dalam kesempatan dimaksud, Ekka berharap kinerja pegawai setiap hari selalu ada peningkatan terhadap hasil yang dicapai, tidak stagnant apalagi menurun serta senantiasa memberikan pelayanan publik sebaik-baiknya, dan juga berupaya untuk mengembangkan diri dan orang lain, dengan tidak berfokus pada satu rutinitas saja.

Ekka mengingatkan, terhadap perubahan zaman, perubahan teknologi, perubahan kebijakan, dan sebagainya, seluruh pegawai diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat dengan change management yang ada di Kementerian Keuangan. “Sebelumnya kita lebih banyak bekerja secara konvensional, sedangkan di masa sekarang ini pekerjaan lebih banyak dilakukan dengan sistem online. Selain itu terdapat lebih banyak laporan yang harus diselesaikan, salah satunya adalah adanya Analisis Beban Kerja (ABK) sebagai bentuk monitoring terhadap kinerja kita, sehingga kita harus senantiasa mendokumentasikan atau melaporkan pekerjaan kita”, ujar Ekka.

Ekka mengakhiri arahannya dengan mengingatkan pegawai yang baru dilantik agar memahami sosial kultural dan dapat menjadi perekat bangsa, yang mampu menjadi penghubung dengan masyarakat sekitar dan mampu memahami kondisi sosial budaya dan kearifan lokal yang ada di Sulawesi Tenggara. “Kita tidak boleh menjadi bagian dari kelompok-kelompok tertentu, tetapi harus menjadi penengah di masyarakat. Jangan menjadikan perbedaan-perbedaan yang ada sebagai suatu masalah, karena kita sebagai manusia hakikatnya adalah perekat antara yang satu dengan yang lainnya, memberikan kedamaian dan juga memberikan manfaat bagi bangsa”, tegas Ekka. (Teks/Foto: Dwiyani Permatasari Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini