Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Kanwil DJKN Sulseltrabar - PT Bank BRI Wilayah Makassar Raya, Untuk Menggapai Kinerja Lelang Hak Tanggungan 2020
Robi`ul Atri Duha
Selasa, 21 Juli 2020   |   206 kali

Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) melaksanakan evaluasi pelaksanaan lelang Hak Tanggungan pada Semester I tahun 2020 serta menyusun rencana potensi lelang pada Semester II tahun 2020 pada Kamis (16/7) melalui zoom meeting. Koordinasi yang dihadiri Kepala KPKNL Makassar, Kepala KNPKNL Kendari, dan PT Bank BRI bagian Credit Risk Rating (CRR) dan para Pimpinan Cabang BRI di wilayah Makassar Raya tersebut, dimoderatori oleh Kepala Bidang Lelang, I Wayan Subadra, serta narasumber Kepala Seksi Bina Lelang II, Lucyanna Chaterin Sinaga.

Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana, membuka acara dengan menyampaikan perbandingan capaian hasil lelang BRI Semester I tahun 2019 dan Semester I tahun 2020. Ia berharap melalui momen koordinasi tersebut, dapat meningkatkan sinergi pelaksanaan lelang.

Selanjutnya, Lucyanna menyampaikan evaluasi kinerja lelang BRI yang terdiri dari pelaksanaan lelang BRI tahun 2019, pelaksanaan lelang BRI Semester I tahun 2020, layanan lelang di masa bencana non alam Covid-19, layanan lelang berbasis teknologi informasi, kebijakan pemasaran lelang, publikasi atau sosialisasi lelang, sosial media marketing, dan event lelang. “Saat ini masyarakat dapat memanfaatkan transaksi sekaligus mendapatkan informasi lelang dengan mudah melalui website lelang.go.id. Tujuannya, untuk mengenalkan lelang ke masyarakat bahwa lelang merupakan sarana jual beli yang aman, unggul, dan terpercaya”, jelas Lucyanna.

Kepala KPKNL Makassar, Rakhmat Mahsan menyampaikan penyebab terjadinya lelang menjadi batal antara lain banyak kesalahan dokumen seperti ketidaksesuaian upload dokumen pada saat permohonan lelang. “Kami berharap pemohon lelang kedepannya dapat lebih teliti dalam persyaratan administrasi, sehingga dapat meminimalisir gugatan lelang. Selain itu, dalam waktu 5 (lima) bulan yang tersisa di tahun 2020, KPKNL Makassar dan PT Bank BRI (Persero) dapat bersinergi untuk mencapai target lelang”, ucap Rakhmat.

Menambahkan yang telah disampaikan Rahmat, Kepala KPKNL Kendari, Adi Suharna menyampaikan bahwa mengingat situasi pandemi maka permohonan lelang yang masuk pada Bulan Maret penetapannya akan ditetapkan di Bulan Juli. Sedangkan, untuk penetapan Bulan Mei akan dilaksanakan pada Bulan Juli atau Bulan Agustus. “Agar tidak terlambat saat proses lelang, kami mohon para pemohon lelang dapat lebih aware terhadap pengumuman kedua yang harus diumumkan melalui media cetak surat kabar/koran”, jelas Adi.

Melalui sinergi tersebut disepakati bahwa Kanwil DJKN Sulseltrabar dan KPKNL akan selalu bersinergi dengan seluruh stakeholder, termasuk PT Bank BRI (Persero) dalam pelaksanaan lelang guna mencapai target kinerja lelang tahun 2020. (Teks/Foto: Robi’ul Atri Duha Bidang KIHI/Bidang Lelang Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini