Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulseltrabar Gelar Sosialisasi Kalibrasi Analisis Beban Kerja Selama WFH
Robi`ul Atri Duha
Senin, 18 Mei 2020   |   180 kali

Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar), mengadakan sosialisasi kalibrasi Analisis Beban Kerja (ABK) selama penerapan Work From Home (WFH) yang diinisiasi oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana pada Rabu (13/05) secara virtual melalui Zoom meeting. Dalam sosialisasi tersebut, Ekka mengajak seluruh jajarannya dari Pejabat Eselon III, Pejabat Eselon IV, dan Pelaksana. Acara sosialisasi dipandu oleh Dwi Agus Prasetyo, Kepala Subbagian Kepegawaian dan narasumber dari Subbagian Tata Laksana, Bagian OKI, Sekretariat DJKN, Akhmad Taupikur Rohman.

Ekka dalam pembukaannya menyampaikan bahwa pencatatan ABK pegawai akan berpengaruh pada organisasi DJKN ke depannya, sehingga kalibrasi ABK sangat penting. “Kalibrasi ABK ini juga dapat membantu proses pencatatan, sehingga semua kegiatan pekerjaan yang telah dilakukan dapat ter-record dengan baik tanpa terkecuali”, jelas Ekka.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal, Jose Arif Lukito. Jose, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa perubahan cara kerja baru (new thinking a working) akan mengelompokkan pekerjaan dengan kategori WFH atau WFO. “Kalibrasi ABK merupakan bagian dari manajemen organisasi, yang menentukan besaran volume kinerja pegawai”, ungkap Jose. Jose menambahkan, ke depan kemungkinan akan diadakan penyerapan-penyerapan beberapa kantor seperti penyatuan gedung di jajaran Kementerian Keuangan dengan komposisi 50% pegawai masuk kantor dan 50% bekerja di homebase, ini disebabkan adanya perubahan dari efek digital manajerial.

Selanjutnya, Akhmad menyampaikan materi teknis pengisian ABK di menu My Task pada aplikasi Nadine. Akhmad menekankan bahwa pengisian ABK akan berpengaruh pada manajemen organisasi, oleh karena itu jumlah kegiatan dan norma waktu sangat penting dalam pengisian ABK.

Saat ini, Kanwil DJKN Sulseltrabar telah menerapkan pengisian ABK pada menu My Task yang dimulai sejak tanggal 11 Mei 2020 sesuai dengan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan. Tujuan pengisian kalibrasi ABK selama WFH adalah untuk memastikan pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan tetap dapat berjalan efektif dan efisien, serta mendapatkan data beban kerja yang lebih valid yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan pimpinan dalam pengambilan kebijakan New Normal pasca pandemi Covid-19. (Teks/Foto: Robi’ul Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini