Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembinaan Mental pada Kanwil DJKN Sulseltarabar
Ismet Muliawan
Rabu, 06 Maret 2019   |   372 kali

Makassar – Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, mulai pekan ini mengintensifkan kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) yang akan dilaksanakan secara rutin. Sasaran kegiatan Bintal adalah untuk mendukung  kinerja dan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif melalui penguatan Nilai-nilai Kementerian Keuangan terutama terkait integritas, dan mempererat hubungan (meningkatkan toleransi) antarumat beragama. Di samping itu, kegiatan Bintal dilaksanakan bertujuan untuk menguatkan rasa cinta tanah air, emningkatkan integritas dan memelihara semangat perubahan.

Untuk mendukung sasaran dan tujuan tersebut, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat berinisiatif memasukkan agenda utama kegiatan Bintal pada jam kerja untuk dapat diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, serta KPKNL Makassar. Kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat keimanan pegawai sehingga menunjang kinerja pegawai dan organisasi.

Pada pekan ini sudah dijadwalkan kegiatan Bintal Agama Islam dan Agama Kristen/Katolik pada Rabu, 6 Maret 2019 pkl 08.00 – 09.00 WITA. Sedangkan Bintal Agama Hindu dijadwalkan pada Jumat, 8 Maret 2019 pkl 12.00 – 13.00 WITA.

Pada hari ini, Rabu, 6 Maret 2019 pkl 08.00 – 09.00 WITA telah dilaksanakan Bintal Agama Islam (Pengajian) di Ruang Bermain Anak, dan Bintal Agama Kristen/Katolik (Membaca Renungan Harian Bersama-sama) di Ruang Rapat Kecil, keduanya terletak di Gedung Keuangan Negara II Lantai 4 Jalan Urip Sumoharjo Km.4 Makassar. Sedangkan kegiatan Bintal Agama Hindu (Dialog Keagamaan/Dharmawacana) untuk pekan ini ditiadakan karena bersamaan dengan rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi.

Acara Pengajian dimulai dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat selaku Pembina Bintal. Kemudian acara dilanjutkan dengan tilawah (membaca Al Qur”an) oleh masing-masing pegawai, ceramah singkat (kultum) oleh Bpk. Mahenggiyang Bustan Basri, dan doa bersama yang dipimpin oleh Bpk. Hapid.

Dalam sambutannya, Bpk. Anugrah Komara memberikan arahan dan apresiasi pelaksanaan Bintal, dan diharapkan agar petugas yang memberikan ceramah singkat dilakukan secara bergilir (bergantian) tanpa harus ditunjuk (adanya volunteer/sukarelawan). Selain itu, disarankan agar acara lebih dikembangkan sebagai sarana diskusi dan sekali waktu dapat mengundang penceramah (ustadz).

Sedangkan tata ibadah Bintal Agama Kristen/Katolik meliputi doa pembuka dan pembacaan firman, pembacaan firman, menyanyi, sharing dan doa penutup. (teks/foto:Dwi/ Ismet/Tim Humas KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini