Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR JENDERAL KEKAYAAN NEGARA DI KPKNL MAMUJU, PAREPARE DAN PALOPO
Ismet Muliawan
Senin, 11 Februari 2019   |   241 kali

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata melakukan kunjungan kerja ke tiga Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang  (KPKNL) di Wilayah Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat didampingi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Selatan Tenggara dan Barat (Sulseltrabar) Anugrah Komara.

Kunjungan Kerja yang berlangsung dalam waktu tiga hari dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 10 Februari 2019 dengan menempuh lima kali perjalanan udara ditambah sembilan jam perjalanan darat dari Mamuju ke Makassar.

Diawali dengan mengunjungi KPKNL Mamuju pada Jumat (8/2) yang diterima oleh Kepala KPKNL Mamuju Mahdi dan jajarannya. Pengarahan dari Dirjen KN di KPKNL Mamuju diawali dengan ucapan selamat datang dari Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Anugrah Komara dan dilanjutkan penayangan profil serta penjelasan singkat oleh KPKNL Mamuju.

Dalam memberikan arahan kepada seluruh pegawai KPKNL Mamuju bertempat di ruang pertemuan, disampaikan bahwa dalam setiap kebijakan yang diambil dalam pengelolaan BMN seperti hibah ke daerah diharapkan tidak hanya mendapatkan revenue, namun juga terdapat  manfaat ekonomi yang diterima oleh daerah tersebut.  “Banyak peran DJKN yang selama ini belum kita recognize, belum kita kenali, belum kita catat, sehingga peran kita didalam APBN terlihat minimalis, padahal sebetulnya ada peran itu.  Kita tidak mengklaim bahwa itu semua berkat DJKN, tapi setidak-tidaknya kita tidak boleh dilupakan bahwa kita adalah bagian dari proses APBN sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.” Tegasnya.

Dirjen KN juga sangat mengapresiasi upaya-upaya yang akan dilakukan oleh KPKNL Mamuju untuk mencapai target 2019 khususnya target PNBP dari manfaat ekonomi BMN.

Terakhir, Isa Rachmatarwata menghimbau setiap pegawai untuk tidak hanya bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, namun juga berpikir dan belajar hal lain yang dapat mendukung pekerjaannya.

Dari KPKNL Mamuju, Dirjen KN Isa Rachmatarwata bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke KPKNL Parepare Sabtu (9/2) dini hari melalui jalur darat dan sampai dilokasi kurang lebih pukul 02.30 wita. Isa mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan spesial karena mengunjungi kantor vertikal pada dini hari.  Kedatangan kunjungan kerja Dirjen KN disambut langsung Plt. Kepala KPKNL Parepare, Sumiati beserta jajaran KPKNL Parepare. Pada kesempatan ini Sumiati  sedikit menyampaikan profil serta prestasi yang didapatkan KPKNL Parepare baru-baru ini.

Setelah berkunjung ke KPKNL Parepare, Dirjen KN beserta rombongan beristirahat sejenak di Kanwil DJKN Sulseltarabar untuk melanjutkan perjalanan ke KPKNL Palopo dengan menggunakan jalur udara pada Sabtu (9/2) siang.

Tarian Paduppa persembahan dari pegawai KPKNL Palopo menyambut kedatangan Dirjen KN beserta rombongan. Sebelum memberi arahan, Dirjen KN meninjau ruangan kerja KPKNL Palopo yang didampingi oleh Kakanwil DJKN Sulsetrabar dan Kepala KPKNL Palopo.

Dalam arahannya Dirjen KN menyampaikan bahwa optimalisasi lelang perlu dimaksimalkan dengan target dipasang lebih besar agar kita bekerja lebih detail, mulai dari plan sampai akhir, sehingga proses pengelolaan tusi berjalan dengan maksimal. Sebagai asset manager setiap insan DJKN dituntut untuk berpikir entrepreneur. Seluruh pegawai dihimbau untuk dapat melihat potensi dari aset di setiap daerah sehingga dapat memaksimalkan pengelolaan Kekayaan Negara. Pengelolaan BMN yang baik berpengaruh signifikan terhadap APBN. Guna memaksimalkan eksplorasi potensi di daerah, kolaborasi dengan eselon satu lainnya dalam Kementerian keuangan tentu sangat diharapkan.

Pada hari kedua kunjungan kerja Dirjen KN di KPKNL Palopo dengan bersepeda mengunjungi tiga lokasi rumah dinas KPKNL Palopo dan sekaligus beramah tamah dan berfoto bersama dengan keluarga pegawai yang menghuni rumah dinas tersebut. Setelah meninjau rumah dinas dengan bersepeda dilanjutkan dengan berkeliling kota Palopo mengunjungi tempat-tempat yang merupakan kearifan lokal sekaligus bercengkrama dengan para pegawai KPKNL Palopo.

Disela-sela kunjungan kerja Dirjen KN ke KPKNL Mamuju & Palopo, Ketut Arimbawa Kasubdit BMN II Direktorat BMN DJKN memberikan penjelasan mengenai   mekanisme tindak lanjut terkait temuan BPK terhadap hasil revaluasi BMN tahun 2018.

Secara garis besar arahan Dirjen KN di tiga KPKNL yang dikunjungi adalah :

I.    Untuk tercapainya optimalisasi pemanfaatan asset harus adanya perubahan maindset dari administratur asset menjadi manajer asset.

II.   Agar setiap pegawai untuk tidak hanya bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya namun juga berfikir dan belajar  hal lain yang dapat memberikan nilai tambah dari pekerjaannya.

 

Kunjungan kerja Dirjen KN selama tiga hari pada KPKNL Mamuju, KPKNL Parepare dan KPKNL Palopo menambah semangat pegawai dalam menghadapi tantangan di tahun 2019 dan memberikan kesan yang mendalam kepada setiap pegawai.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini