Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Kerja Direktur Jenderal Kekayaan Negara Di Kanwil Sulseltrabar
Ismet Muliawan
Jum'at, 31 Agustus 2018   |   286 kali

Makassar –  Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Bpk. Isa Rachmatarwata melakukan kunjungan kerja ke Kanwil DJKN Sulseltrabar dan KPKNL Makassar bersama Direktur Barang Milik Negara, Encep Sudarwan pada Kamis, 30 Agustus 2018. Bertempat di Aula Kanwil DJKN Sulseltrabar, ia menyampaikan beberapa hal terkait kinerja DJKN serta arahan dari Menteri Keuangan saat acara kedinasan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Acara ini dihadiri oleh para Kepala KPKNL serta jajaran pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar serta KPKNL Makassar.

Acara diawali dengan laporan kinerja oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Anugrah Komara. Ia melaporkan sampai saat ini, Kanwil DJKN Sulseltrabar terus melakukan usaha terbaik untuk pelayanan, pencapaian target kinerja, serta Revaluasi Barang Milik Negara (BMN). “capaian Revaluasi BMN tahun 2018 adalah 96.50% dari target (per 30 Agustus 2018 pkl 10.00 WITA). Untuk NUP yang belum selesai, kami usahakan besok (31 Agustus 2018) sudah clear semua.”. tutur Anugrah Komara.

Selanjutnya adalah arahan Dirjen KN Bpk. Isa Rachmatarwata kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar dan KPKNL Makassar. Bpk. Isa Rachmatarwata sampaikan adalah “Kita harus jadi Juru Penerang bagi masyarakat, memberikan informasi yang jelas serta sikap optimis khususnya terkait utang negara. Kita harus sampaikan kepada masyarakat bahwa utang negara dikelola secara profesional, ini tugas kita supaya masyarakat tahu.”. tutur Bpk. Isa Rachmatarwata. Selain itu, ada beberapa poin yang ia sampaikan, antara lain;

  1. Menyampaikan bahwa saat ini Kemenkeu sedang gencar mempromosikan Saving Bonds Retail 004 (SBR004) untuk menjaring pembiayaan dalam negeri. Ia juga menjelaskan tentang kelebihan pembiayaan dari dalam negeri dibandingkan pembiayaan dari luar negeri.
  2. Menginstruksikan kepada seluruh jajaran pegawai DJKN untuk tidak melakukan politik praktis atau pun melakukan ujaran kebencian melalui semua media. Bahwa sebagai ASN, tugas kita adalah menjadi perekat bangsa. Jangan melakukan ujaran kebencian.” tutur Bpk. Isa Rachmatarwata.
  3. Menyampaikan tentang progres RUU Penerimaan Negara Bukan Pajak yang sekarang telah menjadi UU No 9 Tahun 2018. “DJKN in charge pada 2 (dua) PNBP menurut pada UU yang baru; PNBP atas Kekayaan Negara Dipisahkan dan PNBP atas Pengelolaan Barang Milik Negara.” tutur Bpk. Isa Rachmatarwata.
  4. Menyampaikan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan secara khusus akan melakukan audit terhadap Revaluasi BMN yang dilaksanakan oleh DJKN ini. Ia berpesan kepada seluruh pegawai agar senantiasa menjaga kualitas Laporan Penilaian. “Jangan sampai dua tahun predikat WTP kita turun gara-gara Reval (Revaluasi BMN) ini. Pak Encep (Direktur BMN) dan Pak Mei (Direktur Penilaian, Meirijal) bersama tim akan meneliti ulang kelengkapan dan kesesuaian dokumen pada Laporan Penilaian.” ujarnya.

Di akhir kegiatan, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai karena telah bekerjasama dengan baik dalam menyukseskan Revaluasi BMN ini. 

Selanjutnya Bpk. Isa Rachmatarwata bertolak ke KPKNL Makassar. Kepala KPKNL Makassar, Des Arman mendampingi Isa berkeliling ke ruangan-ruangan di KPKNL Makassar. Dalam kunjungannya tersebut ia juga mengapresiasi kondisi ruangan di KPKNL Makassar.  Di akhir kunjungan, ia menyempatkan melakukan ibadah salat magrib berjamaah. Tak lupa sebelum meninggalkan kantor, ia mengajak para pegawai KPKNL Makassar untuk berfoto bersama. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini