Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau > Berita
Kunjungi Pekanbaru, Wamenkeu Dorong Sinergi Kementerian Keuangan
Ridho Kurniawan Siregar
Rabu, 03 November 2021   |   74 kali

Pekanbaru - Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Suahasil Nazara berkunjung ke Kota Pekanbaru yang disambut langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar dan seluruh Perwakilan Kemenkeu Provinsi Riau dalam rangka meninjau proyek strategis nasional dan rapat koordinasi gabungan dengan seluruh perwakilan Kementerian Keuangan Provins Riau dengan tema “Kemenkeu Satu Sinergi Untuk Pemulihan Ekonomi Melalui Optimalisasi Penerimaan dan Pemanfaatan Aset Serta Penguatan Peran Regional Chief Economist” pada, Senin (1/11).


Kunjungan kerja ini diawali dengan penyambutan oleh Gubernur di Bandara Sultan Syarif Kasim yang dilanjutkan dengan meninjau proyek strategis nasional yaitu Jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai sambil melihat Penangkaran gajah yang terletak di tol km 21 yang diakhiri  dengan melakukan rapat terbatas di ruang rapat Hutama karya bersama seluruh rombongan yaitu Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktur PPL LMAN, Direktur Utama PT Hutama Karya, Dirkeu PT Hutama Karya, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, dan juga para Kepala Kanwil unit eselon I Kementerian Keuangan Provinsi Riau.


Agenda dilanjutkan dengan rapat koordinasi gabungan yang berlokasi di Aula Kanwil DJPb Provinsi Riau. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, Direktur Utama LMAN, Direktur Utama SMF,  Direktur KND DJKN dan seluruh pejabat perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau diantaranya ialah Kepala Kanwil DJPB Riau, Kepala Kanwil DJBC Riau, Kepala Kanwil DJP Riau, Kepala Kanwil DJKN Riau, dan Kepala BDK Pekanbaru.


Wamenkeu dalam arahannya ingin mendorong kepada seluruh jajaran bahwa sinergi bukan hanya sinergi mencari penerimaan yang dikelola oleh Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai namun Sinergi Kementerian Keuangan. “Sinergi ini merupakan keseluruhan Kementerian Keuangan yang memposisikan diri kita sebagai punggawa penjaga keuangan negara,” ujarnya.


Lebih lanjut, Suhaisil mengatakan sinergi bukan hanya tentang penerimaan tetapi sinergi mengenai setiap dari kita yang dipercaya  menjadi pengawal keuangan negara atau pengawal APBN. “Penerimaan negara bukan datang dari pembayaran pajak, tetapi penerimaan ada karena adanya kegiatan ekonomi yang mana kemudian penerimaan itu sendiri pembakaiannya akan kembali ke rakyat,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Kepala Kanwil DJPb Ismed Saputra sekaligus sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan dalam rangka hari oeang seperti beberapa perlombaan, donor darah massal, dan pemberian vaksinasi massal.


Selain itu, Ismed Saputra juga menyampaikan paparan terkait perkembangan ekonomi terkini Riau. “Untuk kinerja capaian penerimaan sampai dengan oktober, untuk Kanwil Pajak Riau masuk peringkat 6 secara nasional dengan capaian 79,82 persen sebesar Rp13,144 triliun,” ucapnya. Selanjutnya, perwakilan masing-masing Kemenkeu memaparkan kinerja perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini