Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menuai Berkah Bulan Ramadhan di Tengah Pandemi Corona
Ridho Kurniawan Siregar
Senin, 18 Mei 2020   |   1465 kali

    Ada yang berbeda dengan Ramadhan di tahun 2020 ini. perbedaan yang paling nyata adalah tidak adanya keramaian seperti yang biasanya dapat dirasakan oleh seluruh umat muslim didunia khususnya di Indonesia. hal ini disebabkan oleh adanya pandemi virus Covid-19 yang tersebar diseluruh belahan dunia yang mana telah cukup banyak menelan korban jiwa. Untuk menanggulangi hal tersebut salah satunya adalah dengan memutus rantai penyebaran virus dengan tidak keluar rumah apabila diharuskan keluar rumah hanya untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang diperbolehkan menurut peraturan yang berlaku dengan tetap selalu menggunakan masker, menghindari keramaian dan menerapkan physical distancing. 

    Seolah tidak ingin melewatkan keberkahan Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah dimana segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya, Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau tetap menyelenggarakan kegiatan amal di tengah pandemi ini antara lain menyiapkan takjil untuk para pegawai Satpam Kantor, pembelian sembako yang dibagikan kepada para honorer dan masyarkat sekita kantor, tetap melaksanakan kegiatan DJKN Mengaji yang dilakukan para pegawai secara mandiri, dimana 1 orang pegawai mendapat tugas membaca alquran sebanyak 1 juz dalam waktu 1 minggu (1 week 1 juz), sehingga setiap minggu diharapkan dapat khatam Al-Qur’an. Pengumuman Pembagian Juz diumumkan setiap hari Senin oleh pengurus Bintal. Kegiatan ini sudah berjalan selama 63 minggu dan masih diteruskan sampai sekarang.

    Dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Keuangan Nomor 16  tentang Penegasan Masa Pelaksanaan Work From Home (WFH) dan Tindak Lanjut Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan juga Peraturan Gubernur Riau yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau melaksanakan WFH yang dimulai pada akhir Maret lalu. Meskipun menerapkan WFH dan tidak berada dikantor , namun Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau ditengah bulan ramadhan ini tetap menyelanggarakan kajian bimbingan mental yang dilaksanakan secara daring. Bersama dengan 5 (lima) KPKNL dilingkungan kerja nya, Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau melaksanakan Kajian Online Bimbingan Mental (Bintal) Kanwil DJKN RSK melalui aplikasi meeting virtual ZOOM. Kajian diikuti oleh seluruh pegawai muslim di lingkungan Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, turut hadir Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau - Sudarsono.Materi kajian online bintal kali ini disampaikan oleh Ust. Sutrisno Badroen, Lc., M.A dengan Tema “Meraih Keutamaan di Akhir Ramadhan”. Meraih berarti berusaha, maka perlu ada keinginan kuat dari kita untuk meraihnya dengan tidak lupa memohon kepada Allah SWT, ucapnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini