Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kegiatan “Progress Penyelesaian dan Permasalahan ABMA/T” Kanwil DJKN RSK
Ridho Kurniawan Siregar
Rabu, 02 Oktober 2019   |   276 kali

[Selasa-01/10]- Pekanbaru, Kantor Wilayah(Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK) bertempat di Aula Kanwil mengadakan kegiatan bertajuk “Progress Penyelesaian dan Permasalahan ABMA/T”  dengan mengundang Tim Asistensi Daerah III Pekanbaru yang terdiri dari BPN, KPKNL Padang, Pemda, Kejaksaan, POLRI dan lainnya.  Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Bidang PKN – R. Ay. Indriasari Sundoro dan juga turut dihadiri Kepala Kanwil DJKN RSK yaitu Sudarsono.

Kegiatan rapat dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Sudarsono. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah DJKN RSK – Sudarsono menjelaskan terkait dengan  Penyelsaian Permaslahan ABMA/T. namun sebelum itu. Sudarsono menjelaskan apa itu ABMA/T (Aset Bekas Milik Asing Tionghoa) kepada seluruh peserta rapat yang mana mungkin masih asing dengan istilah ABMA/T. Sudarsono mengatakan “aset ini bukan sewenang-wenang mau kita kuasai, aset ini sudah sejak tahun 58 ada yang namanya buku “merah putih” yang telah ditetapkan sebagai ABMAC dan diperkuat dengan PMK 188 tahun 2008 terkait dengan aset itu apa, aset itu dimana”. Tegasnya.

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipaparkan oleh Indriasari selaku Kepala Bidang PKN. Dimulai dari dasar hukum pelaksanaan ABMA/T, salah satunya yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.06/2015 tentang Penyelesaian Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa. Dilanjutkan dengan penyampaian Data ABMA/T dan progress penyelesaian yang berada dalam Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, dan Provinsi Sumatera Barat. Indriasari juga menjelaskan beberapa asset dari ABMA/T tersebut yang sedang dalam proses penyelesaian seperti SD Negeri 3 & 4 yang berada di Kota Pekanbaru dan masih ada beberapa asset yang menjadi bahan diskusi bersama terkait dengan perkembangan penyelesaian dari asset tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Serah Terima ABMA/T berupa Terminal Bus Air Molek yang terletak di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Serah terima dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil  DJKN RSK bersama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Ibrahim Alimin.


 


                                                                                   


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini