Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peningkatan Efektifitas Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dan Jaminan Fidusia melalui Rapat Koordinasi dan Pelatihan
Noviana Cepaka Sari
Senin, 24 September 2018   |   416 kali


Pekanbaru -  Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK) bersama PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Regional I  menyelenggarakan rapat koordinasi yang dilanjutkan dengan Training Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dan Jaminan Fidusia di Pekanbaru  pada Kamis (20/9). dan dihadiri para Kepala KPKNL dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Kanwil DJKN RSK, dan jajaran Bank Mandiri area Pekanbaru.

Acara yang dibuka oleh Plt. Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN RSK Laila Chairani ini dihadiri oleh dan dihadiri Para Kepala KPKNL dan Para Kepala Seksi Pelayanan Lelang di lingkungan Kanwil DJKN RSK serta jajaran PT. Bank Mandiri area Pekanbaru. Dalam sambutannya, Laila menjelaskan bahwa lelang hak tanggungan yang dimohonkan PT Bank Mandiri, sampai dengan bulan September 2018 yang laku telah tercapai 14,29%. Hal ini menjadi perhatian bersama antara kedua pihak, sehingga diinisiasilah kegiatan koordinasi yang terselenggara di Hotel Batiwa ini.

Diskusi dibuka oleh  Edi Faisal Harahap, Assistant Vice President SME & Micro Collection & Recovery Regional I Bank Mandiri yang menjelaskan asumsi yang digunakan oleh tim ekonomi Bank Mandiri mengenai kondisi pasar saat ini. Pasar properti dengan harga di atas dua milyar rupiah saat ini sedang melemah, sehingga focus Bank Mandiri saat ini adalah pada pasar dengan nilai kurang dari dua milyar rupiah. Selain itu, juga disampaikan tentang keragu-raguan dari pihak calon pembeli serta harapan bahwa pihak DJKN dapat membagikan informasi tentang lelang untuk menghapuskan keraguan tersebut.

Para Pejabat Lelang yang hadir dalam pertemuan tersebut juga memberikan beberapa pandangannya. Zainif, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Padang, menyampaikan bahwa faktor keberhasilan sebuah lelang yang berada di sisi calon pembeli adalah adanya pengetahuan tentang lelang, ketersediaan dana, dan yang paling penting, keberanian para calon pembeli untuk eksekusi. Untuk meningkatkan keberanian tersebut, pihak KPKNL bersedia membantu Bank Mandiri dalam mengadakan sosialisasi kepada para calon pembeli potensial agar yakin bahwa transasksi melalui lelang merupakan sebuah transaksi yang aman. Kepala Seksi Pelayanan Lelang Dumai, Andi Gustaf, juga memberikan beberapa saran perbaikan atas katalog daring (online) yang dimiliki oleh BAnk Mandiri. Sarannya, antara lain, penambahan fitur layanan obrolan interaktif serta mendorong agar pengelolaan laman katalog tersebut dapat menjadi bagian pencarian teratas (top search) ketika calon pembeli menjadi dengan kata kunci terkait penjualan properti.

Pada akhir sesi diskusi, Laila Chairani menyimpulkan terdapat tiga cara untuk mengurangi jumlah lelang yang tidak laku, yaitu, pemasaran yang massif, edukasi kepada calon pembeli lelang, serta komunikasi dan koordinasi yang intens antara Bank Mandiri dan pihak DJKN.

Sebelum memulai pelatihan terkait lelang, dilaksanakan penyerahan konsep perjanjian kerja sama antara Bank Mandiri dan Kanwil DJKN RSK dari Didit Ardyanto, Vice President SME & Micro Collection & Recovery yang mewakili CEO Regional I Bank Mandiri kepada Kepala Kanwil DJKN RSK, Tugas Agus Priyo Waluyo. Dalam sambutannya, Tugas Agus mengharapkan dengan adanya rapat koordinasi dan jalinan kerja sama yang baik, hasil perolehan kinerja lelang di tahun 2018 dan masa yang akan datang dapat meningkat, kekurangan yang terjadi dapat diperbaiki dan disempurnakan serta kendala yang muncul dapat ditemukan jalan keluarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Lelang Eksekusi Pasal 6 UUHT dan Lelang Eksekusi Jaminan Fidusia yang disampaikan oleh Engkus Permana, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pekanbaru. Materi mengenai Hak Tanggungan Atas Tanah dan Bangunan yang disampaikan oleh Kanwil BPN Provinsi Riau menjadi penutup dalam rangkaian acara ini.(Noviana C. S.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini