Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rakorda Kanwil Riau, Sumbar, dan Kepri, Integritas dan Profesionalisme Tingkatkan Pelayanan Publik
Noviana Cepaka Sari
Jum'at, 13 Juli 2018   |   193 kali

“Pelayanan yang memuaskan masyarakat dapat berdampak positif kepada penilaian terhadap instansi pemerintah. Unsure yang sering menjadi focus utama masyarakat adalah birokrasi yang berintegritas, yaitu yang bersih, transparan, profesional, akuntabel, dan bebas dari korupsi,” ujar T. Agus Priyo Waluyo, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri (RSK), dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Daerah. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam menjadi tuan rumah dalam kegiatan yang diselenggarakan pada 9 sampai dengan 12 Juli 2018 ini.

Kegiatan dengan tema “Dengan Integritas dan Profesionalisme, Kita Tingkatkan Pelayanan Publik” ini memiliki fokus utama peningkatan kualitas layanan di lingkup Kanwil DJKN RSK. Area Pelayanan Terpadu (APT) yang sudah tersedia di tiap-tiap Kantor Pelayanan hingga Kanwil diharapkan dapat menjadi wajah pelayanan profesional yang dapat dilihat langsung oleh para stakeholder.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Dialog Kinerja Organisasi dengan pembahasan utama mengenai capaian kinerja yang perlu diperbaiki. Salah satunya mengenai sertifikasi BMN. Atas kendala yang muncul akibat kurang siapnya satuan kerja (satker) dalam menghadapi sertifikasi, diharapkan KPKNL dapat menyiapkan satker pengganti, agar target jumlah BMN yang tersertifikasi tetap tercapai.

Selain itu terkait rekonsiliasi aset yang berasal dari Satker Dana Dekonsentrasi/Tugas Pembantuan (DK/TP) Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, dengan masukan dari KPKNL, akan menyiapkan kajian mengenai DK/TP, dengan pembahasan utama terkait penghapusan satker DK/TP.

Keikutsertaan unit-unit di lingkup Kanwil DJKN RSK dalam seleksi Kantor Terbaik maupun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI menuju WBK/WBBM) juga dibahas dalam kesempatan ini. KPKNL Dumai, KPKNL Bukittinggi, dan KPKNL Padang akan mengikuti penilaian dalam memperoleh predikat Zi Menuju WBK/WBBK. Sementara KPKNL Pekanbaru turut dalam lomba Kantor Pelayanan Terbaik di lingkup Kementerian Keuangan.

Untuk meningkatkan kekompakan dan penyegaran, pada hari ketiga Rakorda dilaksanakan capacity building yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia. Kegiatan luar ruang ini diselenggarakan di pantai Nongsa.

Diharapkan dengan rakorda ini, integritas, profesionalisme, dan nilai-nilai Kementerian Keuangan lainnya akan semakin meningkat. Dengan demikian, DJKN, Kanwil DJKN RSK khususnya akan menjadi semakin baik di mata pengguna jasa dan masyarakat pada umumnya. (teks: Noviana C. S; Foto: Zulpan E.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini