Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Reviu Penyusunan DKPB dan Pembinaan Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi
N/a
Kamis, 12 Desember 2013   |   931 kali

Jayapura - Kamis, 12 Desember 2013 bertempat di Hotel Matoa yang berada di pusat kota Jayapura, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Papua dan Maluku kembali melaksanakan koordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) di lingkungannya. Kali ini Bidang Penilaian bersinergi dengan Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi memberikan pembinaan kepada KPKNL melalui acara yang bertemakan “Reviu Penyusunan Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) dan Pembinaan Pengelolaan Pengendalian Internal, Hukum, dan Informasi”.

Pembinaan Bidang Penilaian dan KIHI ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku yang diwakili oleh Baru Gultom selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi Kanwil DJKN Papua dan Maluku. Dalam sambutannya, Baru Gultom memberikan apresiasi kepada seluruh KPKNL yang telah menghadiri acara dan telah menyampaikan rekapitulasi DKPB tepat waktu sesuai ketentuan pedoman survei dan petunjuk DKPB yaitu Surat Edaran Dirjen Kekayaan Negara Nomor SE-01/KN/2009.

Kepala Bidang Penilaian, Ahid Iwanuddin yang memimpin secara langsung acara Reviu DKPB mengingatkan arti penting pemenuhan asas survei dalam pelaksanaan survei DKPB. Asas survei dimaksud adalah asas tepat yakni tepat dalam pemilihan bahan yang disurvei yang mencakup ukuran, kualitas, dan jenis material. Selain asas tepat, asas akurat juga harus menjadi perhatian dimana asas akurat dimaksudkan survei yang dilaksanakan memenuhi keakuratan sumber data dan keakuratan waktu pelaksanaan survei.

Wahidin selaku kepala Seksi Penilaian I yang diberikan amanah untuk memberikan materi Reviu DKPB menyampaikan penjelasan lebih lanjut materi asas akurat dalan survei. Dalam melaksanakan asas ketepatan, memperhatikan dan menyesuaikan data dengan ketentuan sangat perlu diperhatikan seperti penyesuaian kualitas/bahan dengan ukuran/satuannya. Selanjutkan Wahidin juga memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menyampaikan permasalahan yang ditemukan dilapangan seputar survei DKPB untuk didiskusikan dan dicari solusinya secara bersama.

Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi, yang dipimpin oleh Baru Gultom juga memberikan pembinaan di seputar permasalahan Kepatuhan Internal dengan mengingatkan tugas dari Seksi Kepatuhan Internal adalah menyiapkan bahan koordinasi dan pemantauan pengendalian internal, pengelolaan risiko, pengelolaan kinerja, pemantauan kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, serta penyiapan bahan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Di dalam materi yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Herry Kusyanto, Bidang KIHI memberikan pengarahan tentang pelaksanaan penyampaian laporan di Seksi Kepatuhan Internal. Seksi kepatuhan Internal di KPKNL diharapkan menjadi pelopor pengelolaan Kinerja yang mengelola data dengan tepat dan akurat. Mengingat arti penting kinerja bagi semua pihak pemangku kepetingan bahkan laporan kinerja setiap saat di monitor oleh Menteri Keuangan secara langsung melalui aplikasi e-performance. Itulah mengapa ketepatan waktu dan keakuratan data sangat diperlukan dalam pengelolaan Kinerja. Ditengah-tengah acara beliau juga mengingatkan agar seluruh pegawai segera menyampaikan usulan penilaian perilaku didalam aplikasi e-performance mengingat 13 Desember 2013 adalah batas akhir penyampaian usulan penilai perilaku.

Sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku, “indeks ketepatan waktu penyampaian laporan pengendalian internal”, Herry Kusyanto kembali mengingatkan kepada seluruh KPKNL agar menyampaikan Laporan Pengendalian Internal bulan Desember tepat waktu, sehingga Laporan Pengendalian Internal Kanwil bisa disusun dan disampaikan kepada Kantor Pusat DJKN tepat waktu juga.

Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku yang diwakili oleh Ahid Iwanuddin menutup acara dengan mengucapkan terima kasih atas pastisipasi seluruh peserta, dan sebagai kata perpisahan beliau juga menyampaikan doa agar semua peserta kembali ke kantor asal dengan selamat serta dapat kembali dan berkumpul dengan keluarga dengan bahagia.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini