Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku Meraih Penghargaan Terbaik Pertama dalam Penilaian IKPA 2021 Provinsi Papua
Dimas Aditya Saputra
Selasa, 17 Agustus 2021   |   126 kali

Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku meraih penghargaan terbaik pertama dalam penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) kategori pagu kecil (dibawah Rp 10 Miliar) periode semester 1 Tahun Anggaran 2021 pada satuan kerja di lingkungan Kanwil DJPb Provinsi Papua.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Burhani AS (Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua) dalam acara Rakorda Pelaksanaan Anggaran dan Press Release APBN Torang - PC PEN Semester I TA 2021 yang diselenggarakan oleh Kanwil DJPb Papua secara daring pada tanggal 29 Juli 2021. Acara tersebut diikuti oleh seluruh satuan kerja Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Lingkungan Kanwil DJPB Provinsi Papua yang berjumlah sebanyak 629 (enam ratus dua puluh sembilan) satker.

Nilai IKPA yang dicapai Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku adalah 100, disusul oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire sebagai peringkat ke 2 (dua), dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jayapura sebagai peringkat ke 3 (tiga). Terdapat tiga kategori nilai IKPA yang diberikan penghargaan oleh Kanwil DJPB Provinsi Papua, yaitu IKPA satuan kerja berpagu kurang dari Rp 10 Miliar, IKPA satuan kerja berpagu Rp 10 Miliar s.d. Rp 50 Miliar, IKPA satuan kerja berpagu lebih dari Rp 50 Miliar.

IKPA merupakan Indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Indikator IKPA berjumlah 13 indikator dan masing-masing memiliki bobotnya sendiri, antara lain penyerapan anggaran, data kontrak, penyelesaian tagihan, konfirmasi capaian output, pengelolaan UP dan TUP, revisi DIPA, Deviasi Halaman III DIPA, LPJ Bendahara, Renkas, Kesalahan SPM, Retud SP2D, Pagu Minus, dan Dispensasi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini