Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku
Berita DJKN

Rapat koordinasi terkait Lelang antara Kanwil DJKN Papabaruku dan PT. Pegadaian (Persero) Area Jayapura

Selasa, 29 Oktober 2019   |   17 kali

JAYAPURA – (28/10/2019) Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) mengadakan Rapat Koordinasi, Evaluasi, dan Prognosa Lelang Tahun 2019 pada PT. Pegadaian (Persero) Area Jayapura pada hari Senin, 28 Oktober 2019. Rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kanwil DJKN Papabaruku pada pukul 09.00 WIT sampai dengan pukul 12.30 WIT dan dihadiri oleh Kepala KPKNL Jayapura dan jajarannya serta Kepala Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Area Jayapura beserta 5 (lima) Pemimpin Cabang Pegadaian di area Jayapura, kecuali Timika dan Merauke.

Rapat dibuka oleh Aris Wibowo selaku Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Papabaruku dengan terlebih dahulu mengapresiasi koordinasi, kinerja dan kehadiran Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Area Jayapura bersama dengan para Pimpinan Cabang. Beliau menjelaskan bahwa rapat koordinasi dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi pada Bulan Juli 2019 serta memperhatikan evaluasi terhadap capaian/realisasi lelang pegadaian, khususnya Area Jayapura (diluar Timika dan Merauke) sampai dengan Minggu Kedua Bulan Oktober 2019.


Selanjutnya, Aris menyampaikan bahwa capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terkait Lelang Pegadaian (baik pokok dan bea lelang) di lingkup Kanwil DJKN Papabaruku sampai dengan Bulan Oktober Tahun 2019 sudah tercapai 88%, khusus untuk pegadaian di wilayah kerja KPKNL Jayapura baru tercapai 66,51%. Sehingga diharapkan waktu yang tersisa ± 2 (dua) bulan (November dan Desember) di Tahun 2019, dapat dioptimalkan koordinasi pada semua cabang pegadaian di wilayah papua agar target lelang pegadaiannya tercapai


Aris menggarisbawahi bahwa perlu diperhatikan pula dimana realisasi lelang pegadaian pada Bulan Oktober menurun cukup signifikan dibandingkan dengan rata-rata realisasi tiap bulan Januari s.d. September, sehingga perlu diperoleh informasi terkait hal tersebut baik kendala, solusi, maupun prognosa lelang pegadaiannya. Atas dasar hal-hal dimaksud, dalam rapat koordinasi ini diharapkan dapat diperoleh data/informasi yang valid terkait prognosa lelang pegadaian dan informasi lainnya. 


Kepala KPKNL Jayapura, Widiyantoro, yang turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan apresiasi atas koordinasi yang baik antara DJKN dan Pegadaian, serta menyampaikan pula terkait realisasi lelang pegadaian yang telah dicatat oleh KPKNL Jayapura.


Sutrisno selaku Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Jayapura menyampaikan beberapa hal yaitu koordinasi yang terjalin baik agar dapat dijaga bersama-sama untuk hasil terbaik, bahwa terdapat trend penurunan kinerja pada periode akhir tahun diakibatkan banyaknya pelunasan dengan alasan keagamaan dan penebusan barang jaminan dikarenakan telah dibayarkannya proyek pemerintah pada sebagian Bulan Oktober, November, dan Desember. Selain itu, terdapat kenaikan taksiran harga emas yang disebabkan naiknya harga emas, sehingga nasabah pegadaian kesulitan pelunasan dan mengambil opsi untuk memperpanjang pinjaman (± 4 (empat) bulan).


Selanjutnya para Pimpinan Cabang (Cabang Jayapura, Abepura, Sentani, Bhayangkara, dan Syariah Ampera Jayapura) menyampaikan tren kinerja akhir tahun 2019, realisasi lelang sampai dengan Bulan Oktober 2019 serta prognosa lelang s.d. Bulan Desember 2019. Rapat dilanjutkan dengan diskusi terkait tindak lanjut koordinasi kedepannya dan rencana rekonsiliasi data lelang pegadaian Tahun 2019 di wilayah papua.

           

                Acara ditutup dengan acara ramah tamah bersama antara DJKN dan Pegadaian.

 

 

~(Tim KIHI & Lelang Papabaruku)~

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Raya Abepura Kelapa Dua, Entrop, Kompleks Papua Trade Center (PTC), Jayapura Selatan 99224
(0967) 521717
(0967) 521717
kanwildjkn17@kemenkeu.go.id