Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Koordinasi dan Penggalian Potensi Lelang pada PT Pegadaian (Persero) dan Bank Papua
Dimas Aditya Saputra
Selasa, 09 Juli 2019   |   233 kali

JAYAPURA - (09/07/2019), Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 598/KM.1/2013 tentang Uraian Jabatan Struktural Instansi Vertikal Di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara serta menindaklanjuti Perjanjian Kerja Samaantara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan PT Pegadaian (Persero) tanggal 10 Juli 2017, maka Bidang Lelang Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) pada hari Kamis, 4 Juli 2019 mengadakan koordinasi dan penggalian potensi lelang dengan Pegadaian Area Jayapura bertempat di Kantor Pegadaian Abepura dan Bank Papua bertempat di Kantor Pusat Bank Papua Jl. AhmadYani, Jayapura. 

Pada kesempatan tersebut, Bidang Lelang Kanwil DJKN Papabaruku yang dipimpin langsung oleh Aris Wibowo, Kabid Lelang, bertemu langsung dengan Vice President/Deputi Bisnis Pegadaian Area Jayapura, Sutrisno, untuk melakukan koordinasi dan diskusi yang konstruktif terkait hubungan kinerja antara Pegadaian dengan Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL yang berada di wilayah kerja Kanwil DJKN Papabaruku. Disampaikan oleh Aris Wibowo bahwa pada tahun 2019 ini, Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Papabaruku, memiliki Indikator Kinerja Utama (IKU) “Presentasi Hasil Lelang”, dimana termasuk didalamnya hasil lelang pegadaian dan bea lelang pegadaian. Dengan target sebesar ± Rp297 M (dua ratus sembilan puluh tujuh miliar rupiah), khusus terkait Pegadaian, menjadi tantangan dan membutuhkan perhatian khusus bagi Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Papabaruku untuk senantiasa selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kantor cabang/unit Pegadaian dan yang berada diwilayah kerjanya.

 

Sutrisno menyampaikan bahwa Pegadaian Area Jayapura merupakan bagian dari Kanwil V Manado, yang membawahi ± 25 (dua puluh lima) cabang dan unit kantor Pegadaian di area Kota Jayapura. Khusus terkait pelaksanaan lelang pegadaian, terdapat sedikit perbedaan persepsi/pandangan antara DJKN dan Pegadaian, khususnya di area Jayapura, dimana bagi Pegadaian, lelang merupakan upaya terakhir setelah berbagai upaya baik teguran/peringatan maupun pemberian kesempatan kepada nasabah untuk menyelesaikan kewajibannya, serta terdapat persepsi masyarakat yang kurang baik terhadap kantor cabang/unit Pegadaian yang banyak melaksanakan lelang. Meski demikian, Pihak Pegadaian tetap berkomitmen dan selalu siap memberikan support untuk tercapainya target lelang Pegadaian pada KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Papabaruku.

 

Selanjutnya, agenda kedua koordinasi pada hari yang sama, Bidang Lelang Kanwil DJKN Papabaruku bersama KPKNL Jayapura juga melakukan koordinasi dan penggalian potensi lelang pada Bank Papua. Diterima langsung Direktur Bisnis, Sadar Sebayang dan didampingi Pemimpin Divisi Pengelolaan Aset Khusus Bank Papua, Imran, Kabid Lelang didampingi oleh Kepala KPKNL Jayapura, Widiyantoro, menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan koordinasi yang baik selama ini dan khususnya pada tahun 2019, antara Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Papabaruku khususnya terkait permohonan lelang dan produktifitas lelang pada Bank Papua.

 

Bahwa kinerja lelang atas permohonan Bank Papua, khusus wilayah Jayapura,hasilnya sangat menggembirakan dan sangat membantu dalam pemenuhan target pokok lelang dan bea lelang pada Kanwil DJKN Papabaruku. Dalam diskusi yang konstruktif tersebut disampaikan pula masukan, ide, saran, dan pendapat dari pihak Bank Papua terkait pelaksanaan lelang yang diharapkan dapat mendorong optimalisasi capaian lelang di Kanwil DJKN Papabaruku agar menjadi lebih baik di kemudian hari. Kegiatan koordinasi dan penggalian potensi lelang pada kantor Pegadaian dan Bank Papua diakhiri dengan sesi foto bersama dan optimisme tinggi demi tercapainya target lelang pada tahun 2019 dan pada tahun selanjutnya.

 

Bravo Lelang...Jayalah DJKN.

 ~(Tim Lelang Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini