Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi DJKN dan ATR/BPN Papua : Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Provinsi Papua tahun 2019
Dimas Aditya Saputra
Sabtu, 23 Februari 2019   |   301 kali

MERAUKE—Kamis (21/02/2019), Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) dan KPKNL Jayapura mengadakan rapat sertipikasi BMN berupa tanah pada tahun 2019 dengan pihak ATR/BPN se-provinsi Papua di ballroom Swiss-Bell Hotel Merauke pada pukul 10:30 WIT.

Dalam rapat tersebut telah disepakati bersama obyek (locus/letak) bidang tanah BMN yang menjadi target percepatan pensertipikasian BMN berupa tanah tahun 2019.

Kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat Kepala KPKNL Jayapura (Bimo Aryo), Kepala KPKNL Biak (Adi Suharna), Kepala Kantah Kab. Jayapura (Yosep Simon Done), Kepala Kantah Kab. Jayawijaya (Yuli Randa), Kepala Kantah Kep. Yapen (Abraham Sawaki), Kepala Kantah Biak Numfor (Izak J. J. Waromi), dan Kepala Kantah Kab. Nabire (Sulkarnaen Pirade).

Target tahun 2019 tersebut adalah sebanyak 60 bidang tanah BMN yang terdiri dari 20 bidang tanah dari Kab. Jayapura, 20 bidang dari Jayawijaya, 7 bidang dari Biak Numfor, 8 bidang dari Kep. Yapen, 5 dari Nabire.

Atas partisipasi aktif dari Kanwil ATR/BPN Provinsi Papua (Kanwil BPN Papua) berikut Kantor Pertanahan serta Balai Besar PJN Wilayah XVIII Jayapura berikut Satker PJN, realisasi sertifikasi tahun 2018 mencapai sebesar 179% dengan jumlah bidang tanah 192 dari target 107 bidang tanah BMN Provinsi Papua. Hal tersebut patut diapresiasi DJKN selaku pengelola BMN.

Acara malam apresiasi sertipikasi BMN provinsi Papua dibuka pada pukul 19:15 WIT. Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Dodi Iskandar dan Direktur BMN DJKN, Encep Sudarwan.

Sebelum dilakukan serah terima piagam apresiasi, acara didahului dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Target 2019 oleh Kepala Kanwil Papabaruku, A. Y. Dhaniarto dan Kepala Kanwil ATR/BPN Papua, Arius Yambe dengan disaksikan oleh Sesditjen DJKN dan Direktur BMN DJKN.

Memasuki agenda acara apresiasi, didahului dengan penyerahan sertifikat hasil sertifikasi oleh Direktur BMN yang didampingi oleh Kepala Kanwil DJKN Papabaruku kepada sejumlah satker PJN Provinsi Papua.

Selanjutnya penyerahan piagam penghargaan Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang diwakili oleh Sesditjen DJKN yang didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Papua kepada sejumlah Kantor Pertanahan provinsi Papua.

Dilanjutkan sambutan Kepala Balai Besar PJN XVIII diwakili kepala balai PJN XXII, Arius Yambe, Dodi Iskandar, dan terakhir Encep Sudarwan.

Acara ditutup dengan pemberian cindera mata dari Arius Yambe kepada Dodi Iskandar dan Encep Sudarwan serta foto bersama di akhir acara. (Tim KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini