Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Membentuk Penilai Yang Berkualitas Melalui Pembinaan dan Verifikasi Kompetensi
Fredy Himarwanto
Jum'at, 03 Agustus 2018   |   273 kali

Bertempat di ruang rapat Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku (Papabaruku), Nampak muka-muka ceria para Penilai dari KPKNL di lingkungan Kanwil Papabaruku beserta para Penilai di Kanwil dengan antusias mengikuti kegiatan pembinaan dan verifikasi kompetensi Penilai yang diselenggarakan dari tanggal 1-2 Agustus 2018 dengan narasumber dari Direktorat Penilaian.

Acara hari pertama dibuka oleh Kepala Bidang Penilaian Kantor Wilayah DJKN Papabaruku, Nafiantoro Agus Setiawan . Dalam sambutannya pria kelahiran Magelang ini menyampaikan pentingnya kegiatan pembinaan dan verifikasi kompetensi Penilai sebagai sarana Continuing Professional Development (CPD) bagi Penilai untuk terus mengupdate best practice dan peraturan-peraturan terbaru yang terkait dengan Penilaian. Selain itu, dalam sambutannnya, nafiantoro juga mengingatkan kepada Kepala Seksi Pelayanan Penilaian di KPKNL untuk dapat mengakselerasi pemenuhan kelengkapan dokumen di SIP Reval sebelum tanggal 31 Agustus 2018.

Selanjutnya, eddy riyanto selaku narasumber dari Direktorat Penilaian, menyampaikan bahwa pembinaan dan verifikasi kompetensi Penilai merupakan kegiatan rutin dari Direktorat Penilaian sebagai salah satu upaya untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas Penilai. Dalam kesempatan tersebut, pria yang pernah bertugas di ujung barat Indonesia ini menyampaikan materi mengenai jabatan fungsional Penilai DJKN. Selanjutnya dalam sesi diskusi, para peserta dengan penuh semangat ingin menggali secara lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan system impassing Penilai.

Tomy Jonathan, selaku narasumber kedua, menyampaikan overview hasil Kaji Ulang Laporan Penilaian dari Kanwil di seluruh Indonesia dilanjutkan dengan hasil kaji ulang di kanwil DJKN Papabaruku. Selain itu juga disampaikan hasil Verifikasi Kompetensi Penilai di kanwil papabaruku dalam 5 tahun terakhir. Meskipun secara rata-rata hasil verifikasi kompetensi Penilai di Kanwil papabaruku sudah berada di atas syarat minimal, namun, pria asal makasar ini tetap mengharapkan agar setiap tahunnya hasil verifikasi Kompetensi Penilai dapat terus meningkat.

Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Penilaian dari masing-masing kantor. Kanwil DJKN Papabaruku memaparkan mengenai Analisis KSP BMN berupa Shopping Mall , sedangkan KPKNL Soronng mencoba membedah hasil Penilaian Kapal Patroli yang pernah mereka laksanakan.   Selanjutnya KPKNL Ambon dan KPKNL Jayapura, masing-masing mempresentasikan mengenai Penilaian bongkaran dan penilaian sewa koridor. Diskusi hangat terus mengalir, pertanyaan dan masukan menjadi bagian yang paling menarik dalam sesi ini.

Di hari kedua, acara dilanjutkan dengan ujian tertulis sebagai salah satu rangkaian kegiatan verifikasi kompetensi Penilai. Muka-muka serius Nampak di wajah para Penilai saat mengerjakan ujian tertulis yang berlangsung selama 2 jam ini. Masih di hari yang sama, rangkaian kegiatan pembinaan dan Verifikasi Kompetensi Penilai di lingkungan Kanwil DJKN Papabaruku ditutup oleh kepala Bidang Penilaian. Dalam pesannya, kabid Penilaian mengharapkan agar para Penilai di lingkungan kanwil DJKN Papabaruku tetap semangat menjalankan tugas di tempat masing-masing dengan tetap menjaga kualitas hasil Penilaian sebagai salah satu wujud profesionalisme seorang Penilai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini