Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sri Mulyani Kunjungi Bumi Raja-Raja
Reimon Jhoni Siahainenia
Kamis, 08 Maret 2018   |   1359 kali

Ambon - Suasana suka cita dan kebahagiaan mewarnai seluruh Pejabat dan Karyawan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan RI yang ada di Propinsi Maluku dalam menyambut kehadiran Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia di Kota Ambon, Rabu (7/3/2018). Suka cita terekspresi pada raut wajah masing-masing dan reaksi itu makin nampak sejak pukul 07.00 WIT ketika seluruh Pegawai berkumpul memenuhi Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Lantai V dengan antusias menunggu kehadiran Menteri Keuangan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh jajarannya yang ada di Propinsi Maluku dan Kota Ambon kususnya.

Tepat pukul 07.30 WIT Menteri Keuangan dan rombongan memasuki GKN Ambon, hadir bersama Menteri Keuangan antara Lain, Hadiyanto Sekretaris Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata Direktur Jenderal Kekayaan Negara,   Sumyati Inspetur Jenderal Kementerian Keuangan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Keuangan, Stap Ahli Menteri Keuangan di bidang Perpajakan. Setelah bertatap muka dan berbincang selama lebih kurang 10 menit dengan Pejabat Eselon II dan III Jajaran Kementerian Keuangan di Maluku, acara kemudian dilanjutkan dengan arahan kepada seluruh ASN Kementerian Keuangan di Maluku.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Sudarmanto, Kepala Perwakilan Keuangan Propinsi Maluku yang pada intinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Keuangan dan rombongan di Propinsi Maluku, Kota Ambon Bumi Raja-Raja. Dalam laporannya Sudarmanto menyatakan bahwa seluruh target tahun 2017 yang dibrikan kepada instansi vertikal Kementerian Keuangan yang ada di Propinsi Maluku berhasil dicapai, Selain itu pula Kepala Perwakilan Keuangan Propinsi Maluku atas nama seluruh Pejabat dan Pergawai Kementerian Keuangan di Propinsi Maluku menyampaikan Apresiasi dan selamat kepada Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Terbaik dunia, ucapan selamat ini disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh semua yang hadir saat itu, lebih lanjut Kepala Perwakilan menyampaikan prestasi   menjadi kebanggaan bagi seluruh jajaran Kementeri Keuangan kususnya di Propinsi Maluku dan semoga akan memotivasi kami untuk menjadi yang terbaik di Negeri ini.

Pengarahan Menteri Keuangan, dipandu oleh Hadiyanto, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI, lebih kurang 30 menit Menteri Keuangan menyampaikan arahannya dan setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab. Dalam arahan itu disampaikan topik umum antara lain, Kondisi Perekonomian Global dan Indonesia, Penggunaan APBN untuk menjadi Instrumen Pembangunan, dan Membangun Indonesia dari Pinggiran. Diawal arahan   Menteri Keuangan menyampaikan bahwa dirinya telah mewanti-wanti seluruh Dirjen Pejabat Eselon satu untuk dapat mengunjungi dan memperhatikan instansi vertikal yang ada di daerah-daerah pinggiran pelosok Indonesia sehingga dapat mendukung seluruh tugas dan fungsinya secara baik. Terkait dengan capaian target seperti yang disampaikan Kepala Perwakilan, Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi dan terima kasih, semoga hal ini dapat ditingkatkan lagi. Disampaikan hendaklah kita tetap menjaga sikap, karakter, integritas dan profesionalisme dalam setiap tugas pelayanan dan jajaran Kementerian Keuangan mesti menjadi salah satu tulang punggung di Negeri ini. Dipesankan pula bahwa kepada seluruh Kanwil dan Pimpinan jangan pernah berhenti memberikan contoh yang baik dan tentunya kepada seluruh pegawai hendaklah kita melakukan tugas hanya sekedar atau biasa-biasa saja, dan kita harus menjadi solusi untuk menjadikan Republik ini yang terbaik jangan justru kita menjadi beban dan masalah bagi negeri ini.

Pada kesempatan ini pula Sri Mulyani menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Kekayaan Negara bisa menuntaskan Revaluasi aset BMN tahun ini dan sebagai Pengelola Kekayaan Negara kita harus memberikan masukan kepada Pimpinan soal aset Negara dan menjadikannya aset yang produktif.

Sri menitipkan kepada   Irjen Kemenkeu untuk tetap mengawal Kementerian Keuangan dan berpesan kepada seluruh Pegawai Kementerian Keuangan, agar dalam bekerja boleh berlari kencang tetapi tetap accountable. “Kita berlari tetapi tetap good goverment dan kita bersih dari korupsi, dan Janganlah kita pernah lelah mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.  

Selanjutnya Menteri Keuangan melanjutkan tugasnya untuk menyampaikan Keynote Speech pada acara Konfrensi Musik Indonesia 2018 yang berlangsung di Taman Budaya, Karang Panjang Ambon. Agenda kegiatan Menteri Keuangan di Kota Ambon diakhiri dengan Kuliah Umum pada sivitas Universitas Pattimura Ambon di Kompleks Universitas Pattimura Desa Poka Ambon.(Humas KPKNL Ambon ; RJs/Es/Fd/Sgh)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini