Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tim KOIN Lamkulu Sukses Melalui Tahap Virtual Visit KOIN Asset Manger 2020
Nofitri
Jum'at, 27 November 2020   |   143 kali

Kamis, 26 November 2020. Tim KOIN Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu (Lamkulu) sebagai salah satu peserta yang lolos enam besar Kompetisi Optimalisasi dan Inovasi (KOIN) Asset Manager 2020, mengikuti tahapan virtual visit. Virtual visit merupakan tahapan kegiatan penjurian yang dilakukan dalam KOIN Asset Manager 2020. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh 3 (tiga) orang dewan juri yaitu Direktur Hukum dan Humas, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Direktur Penilaian, Kurniawan Nizar dan Direktur Lelang, Joko Prihanto.

Virtual visit ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu, sesi presentasi dan sesi tanya jawab. Pada sesi pemaparan dilakukan presentasi oleh salah satu peserta Tim KOIN Kanwil DJKN Lamkulu, E. Suhendi tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Dalam pemaparannya dijelaskan bagaimana project Kerjasama Pemanfaatan (KSP) untuk PLTS di ITERA ini dimulai dari tahap permohonan sampai dengan PLTS beroperasi dan sebelumnya telah dilakukan soft launching yang bertepatan dengan dies natalis ITERA ke 6 (enam). Nilai investasi dalam proyek KSP ini adalah sebesar Rp. 15.000.000.000,00 (Lima Belas Milyar Rupiah), dengan jangka waktu 25 (duapuluhlima) Tahun, serta menggandeng 2 (dua) mitra kerja sama yaitu PT. Wika dan PT. SUN. PLTS ini dapat menghasilkan daya sebesar 1 MWp (Mega Watt peak) dan memiliki skema  kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan besaran kontribusi tetap 0,015% dikalikan dengan nilai wajar BMN dengan kenaikan nilai wajar BMN sebesar 3,34% per-tahun dan persentase pembagian keuntungan 11,34% dari net cash flow dari operasi dan investasi per-tahun dimulai 1 (satu) tahun setelah dioperasikan. Proyek KSP ini adalah yang pertama dimanfaatkan sebagai PLTS di Indonesia dan merupakan PLTS terbesar dibangun di lingkungan kampus. PLTS yang dibangun di ITERA ini selain digunakan sebagai penghasil daya listrik terbarukan, namun juga digunakan sebagai laboratorium bersama untuk sarana pembelajaran dan penelitian energi terbarukan.

Dalam pemaparannya, tim KOIN Kanwil DJKN Lamkulu juga menampilkan tinjauan lapangan dimana PLTS ini dibangun dan telah beroperasi. Didampingi dengan pihak PT. Wika dan PT. SUN sebagai mitra yang membangun PLTS, menjelaskan bagaimana cara kerja sinar matahari yang ditangkap oleh panel surya dan diubah menjadi listrik DC (arus searah), selanjutnya aliran listrik DC disalurkan ke panel listrik utama dan diubah menjadi AC (arus bolak-balik) oleh grid tied inverter sesuai dengan jaringan listrik PLN. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Satker ITERA diwakili Rektor, para dosen, dan mahasiswa, PT. Wika dan PT. SUN sebagai mitra, dan supporter dari keluarga besar Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu.

Semoga Tim KOIN Lamkulu mampu lolos ke tahap selanjutnya dan menjadi yang terbaik dalam KOIN Asset Manager 2020. (Nofitri/Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini