Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Bahas PUG Dalam Rakorda
Rio Hindersah
Kamis, 15 November 2018   |   200 kali

Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dengan tema “Dengan Semangat Pengarus-Utamaan Gender, Kita Tingkatkan Capaian Kinerja dan Implementasi Hasil Revaluasi BMN untuk Layanan DJKN Lampung dan Bengkulu yang Lebih Baik”. Rapat Koordinasi dilaksanakan  mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Nopember 2018, dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, dan dihadiri oleh para Kepala Bidang, para Kepala KPKNL, dan para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Bertempat di ruang aula KPKNL Bengkulu di Jalan Museum Nomor 2 Bengkulu.

Hari pertama rakorda diisi dengan kegiatan pembukaan. Acara pada malam minggu 11 November 2018 itu dimulai pukul 20.00 WIB yang diawali pembacaan doa, menyanyikan Mars DJKN oleh seluruh peserta rakorda. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala KPKNL Bengkulu, Sri Yuwono Hari Sarjito selaku tuan rumah, dilanjutkan oleh Ketua Tim Rakorda DJKN Wilayah Lampung dan Bengkulu Tahun 2018, yang juga sebagai Kabid KIHI Amirudin yang melaporkan pelaksanaan rokorda kali ini.  Dalam sambutannya, Hari panggilan akrab dari Sri Yuwono Hari Sarjito mengucapkan selamat datang di Bengkulu, Bumi Reflesia. Ia berharap dengan adanya rakorda ini dapat memberikan hasil dan sumbangan pemikiran bagi kebaikan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dan bagi DJKN secara keseluruhan. Acara rakorda tersebut resmi dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S Sukadana. Dalam pengarahannya Ekka mengajak kepada seluruh pegawai di jajaran Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu untuk menyetarakan peran DJKN seperti peran-peran Eselon I lainnya di lingkungan Kementerian Keuangan seperti DJBC, DJP, DJPB, agar dapat meningkatkan dignity and labelling (harga diri dan identitas) DJKN.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan Laporan dan Evaluasi Revaluasi Tahun 2018 yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ismu Bintoro. Dalam paparannya, Ismu menyampaikan bahwa capaian revaluasi tahun 2017 dan 2018 untuk Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu telah melampaui target yang ditetapkan atau diatas 100 %. Saat ini dalam tahap pemeriksaan hasil revaluasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dalam kesempatan itu, Ismu juga mengajak kita semua seluruh jajaran Kanwil  dan KPKNL beserta Satuan Kerja untuk bersinergi melakukan pendampingan, penjelasan dan meyakinkan kepada Tim BPK yang melakukan pemeriksaan.

Rapat  malam minggu itu berakhir pada pukul 21.15 WIB dengan sesi foto bersama dan akan dilanjutkan kembali pada esok harinya (12/11).

Hari kedua rakorda dimulai pukul 08.00 WIB dengan agenda pembahasan berupa paparan capaian kinerja Kanwil DJKN  Lampung Dan Bengkulu juga seluruh KPKNL di wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu. Paparan capaian kinerja tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang KIHI Amirudin. Dari hasil evaluasi kinerja secara Kanwil, capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) per 30 Oktober 2018 sudah mencapai 102,79 %, namun masih terdapat beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU) yang masih merah dan kuning. Dalam arahannya, Ekka selaku Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menegaskan agar  dilakukan langkah-langkah strategis dengan menyusun rencana kerja untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada agar IKU yang masih kuning dan merah dapat "dihijaukan".

Sejalan dengan tema rakorda yang mengangkat isu Pengarus-Utamaan Gender  (PUG) untuk peningkatan kinerja dan layanan, maka acara selanjutnya adalah sosialisasi tentang PUG dan implementasinya di Kementerian Keuangan dan khususnya di DJKN Pusat yang disampaikan oleh dua orang narasumber, yaitu Suroso Kepala Bagian Perencanaan pada Biro Perencanaan Keuangan  Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan selaku Person In Charge (PIC) urusan PUG di Kementerian Keuangan, da  narasumber kedua adalah Rusmawati Damarsari selaku salah satu PIC PUG dan Implementasinya di DJKN. Walaupun sehari harinya sibuk dengan tugas rutin sebagai Kasubag Gaji pada Bagian Keuangan DJKN, Rusma demikian panggilan untuk Rusmawati masih sempat mengurusi seluk beluk tentang PUG. Di akhir pembahasan capaian kinerja disepakati butir-butir hasil rakorda untuk ditindaklanjuti oleh Kanwil dan KPKNL.

Di hari ketiga rakorda dirangkai dengan kegiatan seminar di Universitas Bengkulu dengan tema "Pengelolaan Aset Untuk Negeri". Seminar ini dimaksudkan antara lain untuk menggali lebih dalam lagi terkait pengelolaan aset negara dengan lebih evektif  dan efisien agar dapat sebesar besarnya bermanfaat untuk mensejahterakan rakyat. Disamping itu seminar ini juga sekaligus dimaksuskan untuk mensosialisasikan aset aset negara BMN khususnya dan DJKN dengan tugas fungsinya kepada masyarakat khususnya kalangan kampus. 

Dalam seminar tersebut Kanwil  DJKN  mengadirkan tiga orang   narasumber yaitu : Encep Sudarwan, SE, MA Direktur BMN DJKN, Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum Wakil Rektor IV Universitas Bengkulu dan H. Heru Susanto, SE, MM Kepala BPKD Provinsi Bengkulu.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini