Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro "Ngupi" Bareng Perbankan Berbincang Tentang Lelang
Hartini
Senin, 05 Maret 2018   |   833 kali

Metro - Paradigma lelang di Indonesia saat ini telah bergeser ke arah yang lebih fleksibel. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana pada acara NGUPI Bareng (Ngobrol Untuk Pelelangan Indonesia), pada Kamis (1/3). Bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro, acara yang dikemas dengan nuansa santai tersebut juga mengundang  BUMN Permodalan Nasional Madani (PNM) dan mitra perbankan, antara lain Bank mandiri, Bank Mandiri Syariah, BNI, BRI, dan Bank Lampung.

Ekka S. Sukadana memberikan keynote speech dalam acara yang digelar dalam rangka 110 Tahun Penyelenggaraan Lelang di Indonesia tersebut. Ekka memaparkan, jika dahulu lelang dihubungkan dengan banyak masalah, saat ini bahkan banyak pejabat yang menjual koleksi pribadinya melalui mekanisme lelang. Selain itu, Ekka menjelaskan dalam dalam transformasi menuju modernisasi lelang, kini lelang lebih menjangkau lapisan masyarakat dengan adanya e-auction, yaitu layanan lelang secara elektronik.

Acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dipandu oleh Kepala KPKNL Metro Swastiko Purnomo, Kepala Bidang lelang Mulyarman, dan Kepala Seksi Lelang KPKNL Metro Aris Kurniawan. Swastiko memberikan apresiasi kepada perbankan atas peranan yang telah diberikan selama tahun 2017 dan berharap kontribusi tersebut dapat meningkat di Tahun 2018. Diskusi tersebut mendapat sambutan baik dari peserta. Teguh Agung selaku perwakilan BRI Bandar Jaya memberikan tanggapannya dalam hal terobosan lelang. Teguh menyampaikan bahwa e-auction telah mengikuti perkembangan zaman, karena pihak-pihak yang ingin mengikuti lelang namun terkendala waktu untuk mendaftar lelang dapat terbantu karena dapat mendaftarkan diri sebagai peserta lelang melalui internet. Selain itu, e-auction menurutnya dapat memaksimalkan harga pasar karena pembeli tidak mengenal satu sama lain, sehingga dapat menawar dengan lebih leluasa.

Dalam acara tersebut, KPKNL Metro juga memberikan apresiasi kepada BRI Kantor Cabang Tulang Bawang sebagai perbankan dengan realisasi pokok lelang terbanyak tahun 2017 dan Bank Syariah Mandiri sebagai bank dengan permohonan lelang paling selektif Tahun 2017. Dalam wawancara dengan Bogi Rahmanto, perwakilan dari BRI Kantor Cabang Tulang Bawang menjelaskan bahwa selama 2017, BRI melakukan pendekatan persuasif kepada nasabah yang mengalami kredit macet untuk menjual jaminannya dengan cara lelang. Dan dengan upaya perbaikan proses bisnis yang telah dilakukan, 80% nasabah tersebut memilih untuk menyerahkan penjualan dengan cara lelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini