Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pemetaan Risiko untuk Meningkatkan Optimalisasi Capaian Kinerja Tahun 2018
Robby Hendrian
Senin, 15 Januari 2018   |   145 kali

Lampung - Untuk menyikapi dan memitigasi risiko-risiko yang akan dihadapi dalam pencapaian Target Kinerja tahun 2018, bertempat di Ruang Rapat Rapat Kanwil DJKN Lampung dan BengkuluKamis (11/1/2018) pukul 14.00 WIB, diselenggarakan Rapat Manajemen Risiko.

Rapat yang dihadiri seluruh pejabat Eselon III dan IV Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu ini, dihadiri juga seluruh Kepala Kantor unit vertikal Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, yang masing-masing didampingi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internalnya.

Mengawali arahannya, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S. Sukadana menyampaikan merasa perlu menghadirkan para kepala KPKNL karena melihat banyak IKU beserta risiko bersifat cascading. Munculnya risiko dilapangan juga menjadi bagian dari risiko Kanwil sebagai koordinator. Tak lupa Ekka juga mengucapkan terima kasih pada seluruh jajaran Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu yang telah menetapkan risiko,penetapan profil risiko, selera risiko sampai dengan tindakan mitigasi hingga tercapainya capaian kinerja tahun 2017.

Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Dengan bermodalkan dukungan pegawai yang telah menghayati Nilai-Nilai Kemenkeu dengan cukup baik, tercipta soliditas dan kekompakan di setiap level, dan juga kemampuan para pegawai dengan ditandai baiknya level zona Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Ekka berpesan kepada segenap pegawai agar terus memperbaiki diri dengan berkreasi lebih baik. Kemudian diharapkannya juga agar menyeimbangkan antara pemahaman peraturan dan teknis operasional, keselarasan peran sebagai operator sistem aplikasi dan kemampuan analisis, yang  tercermin dalam komunikasi verbal maupun persuratan yang baik, sehingga menghasilkan suatu keputusan yang optimal dan tepat sasaran. ”Karena banyak keputusan yang akan diambil di DJKN ini, tidak hanya berdasarkan informasi yang murni diperoleh hanya dari aplikasi, jelas Ekka lebih lanjut. Di akhir arahannya, Ekka juga menyampaikan harapan agar di Tahun  2018 meng-upgrade tingkat kematangan manajemen risiko, untuk memperbaiki layanan kepada para stake holder secara lebih profesional.

Setelah diselingi istirahat sholat pada jam 15.30, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari setiap Kepala Kantor yang melaporkan hasil capaian NKO masing-masing, analisa kendala pencapaian target serta tindakan yang diambil untuk memitigasi risiko. Dimulai dari Kepala KPKNL Bengkulu, Tredi Hadiansyah, dilanjut oleh Kepala KPKNL Metro, Swastiko Purnomo dan terakhir Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A. Adiana. Setiap materi yang disampaikan dari setiap kepala KPKNL itu, juga ditanggapi oleh tiap kepala Bidang yang menangani pembinaan secara teknis, sehingga rapat berlangsung interaktif dan sangat dinamis hingga berakhir pukul 17.30 WIB.

Rapat secara terinci kemudian dilanjutkan oleh para kepala Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Person In Charge dari setiap Bidang pada keesokan harinya, Jum’at (12/1/2018) dari pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB dipimpin oleh Kepala Bidang KIHI, Hartini. Rangkaian Rapat Manajemen Risiko itupun ditutup pukul 14.00 WIB oleh Ekka S. Sukadana. “Dengan memohon pada Ridho Illahi, semoga sinergi yang telah terbentuk dapat terus berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan bersama, dan dengan diniatkan sebagai bakti kepada Negara,  juga sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT Tuhan yang maha Kuasa, karena output-output pekerjaan yang akan dihasilkan nantinya akan dirasakan manfaatnya kepada banyak orang, “ pungkasnya. (HI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini