Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Membangun Semangat Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas dan Bersinergi
Hartini
Selasa, 17 Oktober 2017   |   1428 kali

Bandar Lampung - Kamis 12 Oktober 2017 itu, seluruh pegawai Kanwil DKN Lampung dan Bengkulu, baik yang ASN maupun non ASN, mengikuti  In House Training  (IHT) Peningkatan Soft Competency di aula Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Megingat pentingnya kegiatan tersebut, seluruh pegawai diwajibkan mengikutinya, termasuk yang sedang melaksanakan kegiatan Revaluasi BMN.

Bertindak selaku Instruktur pada acara tersebut adalah Gathot Subroto, Widyaiswara Muda dari Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar, dan Saryono dari Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Keuangan Magelang yang memandu sesi permainan edukatif. Pada kesempatan itu juga acara diasisteni oleh Hari Indriawan, staf pada Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN.

Acara dimulai pada jam 8.00 dengan sambutan oleh Kepala kanwil Lampung dan Bengkulu, Ekka S. Sukadana yang menyampaikan bahwa pada saat ini DJKN sedang menjalankan kegiatan Revaluasi BMN,  kegiatan ini diharapkan dapat membuat lebih fresh seluruh pegawai sekaligus meningkatkan Soft Competency, baik pegawai yang terlibat maupun yang tidak terlibat secara langsung. Ekka juga berpesan kepada seluruh peserta acara untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sepenuh hati.

Acara dimulai dengan membagi seluruh peserta menjadi enam kelompok yang terus tergabung dalam setiap sesi permainan edukatif pada acara tersebut. Adapun setiap permainan-permainan itu memuat 4 (empat) misi penerapan tujuan-tujuan soft competency, yaitu : Integritas yang bertujuan agar pegawai berprilaku dan bertindak baik dan benar, memegang teguh prinsip moral dan tidak melakukan hal-hal tercela. Kemudian Komunikasi, dimana para peserta diharapkan dapat menyampaikan pesan dengan bahasa verbal maupun non verbal yang mudah dipahami, menjadi pemikir cepat, yaitu cepat merespon, cepat memutuskan sesuatu  dan menciptakan win-win solution negosiator. Berikutnya adalah Etos Kerja yang bertujuan agar setiap peserta dapat menerapkan kerjasama, pemakaian strategi yang tepat, serta saling percaya antar setiap anggota tim.Dan keempat adalah   Motivasi dan Team Work yang bertujuan agar setiap peserta bekerja dengan penuh semangat, bekerja sama  dan memainkan peran aktif untuk meningkatkan efektifitas tim untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam setiap sesi permainan didahului dan dievaluasi dengan cerita-cerita motivasi, dan instruktur yang juga lulusan Prodip III Pajak tahun 1993 ini begitu apik membawakan cerita yang membuat seluruh peserta terbawa suasana cerita, diselingi dengan guyonan-guyonan segar seputar kegiatan pekerjaan dan kehidupan di Kementerian Keuangan. Baik itu yang meningkatkan spiritualitas dalam  bekerja juga dalam kehidupan religius para peserta.

Diakhir acara menjelang jam 15.30  Gatot Subroto menyimpulkan bahwa dari seluruh rangkaian kegiatan seluruh peserta dapat mengimplementasikan bekerja dengan cinta dalam bentuk Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas dalam penyelesaian setiap pekerjaaan sebagai pegawai di Kementerian Keuangan. Tidak jauh berbeda, Ekka S,Sukadana dalam sambutan penutupan mengharapkan agar seluruh pegawai dapat lebih memaknai dan  lebih bersemangat menerapkan nilai-nilai positif dari seluruh rangkaian acara IHT tersebut dalam pelaksanaan tugas keseharian, khususnya dalam mensukseskan kegiatan Revaluasi BMN.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini