Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Kanwil DJKN Lamkulu melalui Tongkat Komando
Rio Hindersah
Selasa, 12 Mei 2020   |   516 kali

Di sela-sela kegiatan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu (Kanwil Lamkulu), ada suatu peristiwa unik yang baru pertama kali diadakan oleh Kanwil Lamkulu yaitu penyerahan tongkat komando sebagai simbol pelaksanaan sinergi. Dengan disaksikan para pegawai Kanwil Lamkulu, pada tanggal 11 Mei 2020, Kepala Kanwil Lamkulu, yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Thamrin menyerahkan sejumlah tongkat komando tersebut sebagai bentuk sinergi dan pelayanan langsung kepada seluruh Bidang pada Kanwil Lamkulu.

Maksud dari penyerahan tongkat komando ini adalah sebagai bentuk penerapan sinergi Kepala Kanwil Lamkulu terhadap para Kepala Bidang dan Kepala Bagian untuk dapat menjalankan nilai-nilai Kementerian Keuangan antar pegawai dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Lamkulu.

Hal yang mendasari peristiwa unik ini adalah penggunaan tongkat komando yang melambangkan adanya kepemimpinan seperti yang telah pernah menjadi budaya para pemimpin-pemimpin perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa negara Republik Indonesia.

Tongkat komando juga dapat diartikan sebagai simbol jabatan di wilayah dan kesatuan di lingkungan kerja. Bentuk tongkat komando yang halus dan lembut namun kokoh inilah yang akan selalu mengingatkan agar para pegawai yang memegangnya selalu tetap memiliki nilai integritas yang tinggi. Tongkat komando yang dalam proses pembuatannya diperlukan keahlian dan kecermatan ini, terwujud atas hasil usaha dari bentuk ke-profesional-an dari seseorang menjadi terlihat begitu sempurna, begitu pun dengan harapan Kanwil Lamkulu agar dapat menjadi salah satu instansi yang sempurna baik dalam kinerja maupun dalam berkontribusi bagi negara.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini