Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Seminar Pengelolaan Aset Untuk Negeri
Rio Hindersah
Senin, 19 November 2018   |   294 kali

Pada hari Selasa tanggal 13 November 2018 bertempat di aula gedung rektorat Universitas Benkulu (UNIB), Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu bekerjasama dengan Universitas Bengkulu dan KPKNL Bengkulu mengadakan seminar dengan topik "Pengelolaan Aset untuk Negeri". Acara seminar ini merupakan salah satu agenda untuk  memperingati HUT DJKN ke-12 yang dikemas dengan tajuk Pekan Kekayaan Negara.  Seminar mulai pukul 9.30 WIB dihadiri oleh sekitar dua ratus orang dari mahasiswa, rektorat, dosen, bevetapa datuan kerja (satker), instansi pemerintah setempat dan sebagian pegawai DJKN di lingkungan Lampung dan Bengkulu. Setelah menyaksikan Tari Persembahan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bengkulu dan penyuguhan kapur sirih sebagai ucapan selamat datang, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, acara dibuka dengan doa. 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. menyampaikan selamat datang di Bengkulu sang Bumi Raflesia khususnya di Universitas Bengkulu.  Raflesia merupakan bunga endemik propinsi Bengkulu yang merupakan bunga yang khas dengan baunya dan merupakan bunga tertinggi di dunia, demikian  urai rektor. Ia juga berharap agar seminar ini berjalan lancar dan dapat menambah ilmu bagi mahasiswa khususnya. Melalui seminar ini pula diharapkan akan tumbuh kesadaran dan kepedulian akan peran strategisnya aset/kekayaan negara untuk kesejahteraan rakyat. 

Giliran sambutan Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S Sukadana. Ekka menyampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada rektor Universitas Bengkulu dan jajarannya atas kerjasamanya sehingga acara seminar ini dapat terselenggara dengan baik.  Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada narasumber yang telah berkenan untuk mensukseskan seminar ini. Tak lupa pula ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dan khususnya kepada KPKNL Bengkulu dan jajarannya. Dalam sambutannya Ekka juga menjelaskan secara ringkas tentang sejarah DJKN yang pada 1 November ini genap berusia 12 Tahun, dan tugas fungsi utama DJKN. Disamping itu Ekka juga menyampaikan hasil-hasil kegiatan revaluasi Barang Milik Negara (BMN) yang telah dilakukan oleh DJKN selama dua tahun tetakhir yakni tahun 2017 dan 2018.


Dalam seminar ini Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menghadirkan tiga orang narasumber, yaitu Wakil Rektor UNIB Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr.  Ardilafiza, SH, M.Hum, Direktur Barang Milik Negara (BMN) kantor pusat DJKN, Encep Sudarwan, S.E. MA  dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengklulu, H. Heru Susanto, S.E. MM. Adapun bertindak sebagai moderator adalah Kepala KPKNL Bengkulu, Sri Yuwono Hari Sarjito.

Dalam paparannya Encep menyampaikan paparanya d nga  judul "Optimalisasi Manajemen BMN dalam Pengelolaan Kebijakan Fiskal". Ia menyampaikan antata lain bahwa manajemen BMN merupakan hal yang krusial dalam pengelolaan keuangan negara dan tidak terpisahkan dari kebijakan fiskal. Kemudian ia juga menambahkan bahwa pengelolaan BMN yang optimal akan membawa banyak manfaat bagi proses pembangunan dan berdampak positif pada kesejahteraan rakyat.

Sementara narasumber Kepala BPKD Provinsi Bengkulu, Heru menyampaikan mengenai Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) di Provinsi Bengkulu. Ia menjelaskan  mengenai pengelolaan  BMD Provinsi Bengkulu. Bahwa masih terdapat beberapa persoalan dalam pengeloalaan BMN Provinsi Bengkulu, namun Heru terus berusaha untuk melakukan optimalisasi BMD seperti sewa, pinjam pakai, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP), Bangun Serah Guna (BSG)/Bangun Guna Serah (BGS). Hal tersebut dilakukan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sekaligus sebagai upaya untuk menertibkan BMN dalam rangka mencapai prinsip 3T, yaitu Tertib fisik, Tertib Administrasi dan Tertib hukum atas BMD.

Adapun narasumber ketiga wakil rektor IV Unib, Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum menyampaikan materi tentang tinjauan hukum dalam pelaksanaan pengelolaan dan optimalisasi aset negara khususnya BMN/D. Menurt Ardi bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan aset negara belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, karena masih sering terkendala terkait permasalahan hukum, antara lain legalitas kepemilikan, legalitas kewenangan dan penguasaan yang tak jarang  menimbulkan konflik. Masalah masalah tersebut tentu akan menghambat upaya optimalisasi aset negara demi sebesar besarnya kesejahteraan rakyat.

Usai pemaparan oleh para narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Cukup antusias para peserta seminar mengajukan  pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. Diantanya pertanyaan dari salah satu  mahasiswa Unib yang menanyakan maksud dan tujuan seminar ini dan mengapa audiennya mahasiswa. 

Di akhir sesi seminar, dilakukan penyerahan plakat oleh Kepala Kanwil DIKN Lampung dan Bengkulu kepada rektor Unib dan kepada  para narasumber dan foto bersama. Untuk menambah semangat atensi dari peserta, dalam acara ini juga diselenggarakan kegiatan berupa be simulasi lelang amal dengan melelang beberapa item barang yang dilaksanakan oleh KPKNL Bengkulu. Hasil dari lelang ini akan diserahkan kepada korban bencana alam gempa dan tsunami Palu dan Donggala, serta Sigi. Kemudian masih untuk memeriahkan acara ini maka pada akhir acara diadakan acara game dan door prize dengan hadiah berupa jam dinding, tupperware, handuk, dan sebagainya.  Acara resmi ditutup pada pukul 13.00 dengan sesi foto bersama.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini