Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PEDULI KEMANUSIAAN, KEMENTERIAN KEUANGAN PROVINSI LAMPUNG MENGGELAR DONOR DARAH
Adruriawan Tirta
Kamis, 25 Oktober 2018   |   220 kali

Melanjutkan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Oeang Republik Indonesia ke 72, Perwakilan Kementerian Keuangan RI di Provinsi Lampung yang terdiri dari Kanwil DJP Bengkulu Dan Lampung, Kanwil DJPb Lampung, Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat dan Kanwil DJKN Lampung Dan Bengkulu, Rabu tanggal 24 Oktober 2018 menggelar kegiatan peduli sosial berupa donor darah yang bertempat di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung terletak di Jalan Basuki Rahmat No.12 A Teluk Betung,  Bandar Lampung. Adapun penyelenggara kegiatan donor darah ini adalah Kanwil DJKN Lampung Dan Bengkulu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung dan KPKNL Bandar Lampung.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Lampung yang sekaligus sebagai Kepala Kanwil DJPb Lampung, Alfiker Siringoringo. Dalam sambutannya Alfiker mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dan jajarannya, KPKNL Bandar Lampung dan PMI Provinsi Lampung atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini. Terkhusus lagi ucapan terima kasih ditujukan kepada para pendonor darah yang telah hadir dan berpartisipasi untuk menyukseskan agenda peringatan HUT Oeang RI ke 72 ini untuk  menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan.  “Donor darah ini merupakan salah satu bukti bahwa insan-insan Kementerian Keuangan di Provinsi Lampung, tidak hanya profesional menjalankan tugas dan fungsinya, namun juga peduli kepada sesama atas nama kemanusiaan”, demikian tambah Alfiker. Pada sesi sambutan sebelumnya, Kepala Kanwil DJKN Lampung Dan Bengkulu Ekka S. Sukadana selaku penyelenggara kegiatan donor darah ini  mengungkapkan hal yang sama. Ekka juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Lampung, PMI Provinsi Lampung dan seluruh panita penyelenggara baik dari Kanwil DJKN maupun dari KPKNL Bandar Lampung, serta kepada para pendonor darah. “Semoga apa yang telah kita perbuat pada hari ini berguna bagi kemanusiaan dan menjadi catatan amal ibadah kita semua di sisi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena setetes darah berarti nyawa”, demikian ungkap Ekka.

Untuk memperlancar proses donor darah ini, PMI Provinsi Lampung menghadirkan satu orang dokter umum, yaitu dokter Asep Ridwan, dengan tim medis dilengkapi 6 (enam) unit pelbet. Kegiatan donor darah ini dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB, diawali dengan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan calon pendonor yang meliputi penimbangan berat badan, cek tensi darah, golongan darah dan kadar Haemoglobin darah (Hb). Animo pegawai Kementerian Keuangan Provinsi Lampung cukup tinggi untuk menjadi pendonor darah, tercatat seratus orang yang terdaftar, namun sayangnya tidak semua pendaftar donor lulus uji kesehatan dan kelaikan untuk jadi pendonor. Hanya yang memenuhi syarat saja yang berlanjut di meja donor untuk diambil darahnya. Dari seratus peserta yang terdaftar hanya delapan puluh orang yang dapat diambil darahnya. Hal ini disebabkan selain karena peserta tidak memenuhi kualifikasi kesehatan juga dikarenakan ketersediaan kantong darah oleh PMI yang terbatas. Ketika dimintai konfirmasi tentang terbatasnya kantong darah, PMI mengatakan bahwa hanya membawa 80 kantong darah  mengingat pada kegiatan serupa pada HUT Oeang RI tahun 2017 pendonornya tidak sampai 80 orang. Selanjutnya diminta kepada pendonor yang belum diambil darahnya agar datang langsung ke PMI.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini