Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Email Harus Mampu Tingkatkan Harga Lelang
N/a
Senin, 01 September 2014   |   1546 kali

Samarinda – Lelang Email, Aman Yes Yes ! Teriakan yel–yel tersebut memberikan semangat peserta Sosialisasi Lelang Email dan Implementasi Mandiri Cash ManagementMandiri Virtual Account (MCM – MVA) yang diggelar pada 28 Agustus 2014 di Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan sosialisasi ini dimotori Tim Direktorat Lelang dan Direktorat Pengelolaan kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kepada seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang berada di wilayah Kanwil DJKN Kalimantan Timur.

Pada kesempatan pertama, Pimpinan Cabang PT Bank Mandiri Tbk Bambang Sugiyanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan DJKN khususnya Kanwil DJKN Kalimantan Timur yang menggunakan Bank Mandiri sebagai partner dalam mendukung kelancaran tugas pelayanan lelang. Selain itu, Bambang berharap ke depan kerja sama ini dapat ditingkatkan tidak hanya sebatas lelang email saja.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur Tri Wahyuningsih sekaligus membuka kegiatan sosialisasi. Tri mengatakan terobosan lelang email merupakan salah satu langkah maju DJKN untuk memberi layanan lelang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. “Potensi lelang di Kalimantan Timur cukup menjanjikan, apalagi jika lelang email diterapkan pasti mampu meningkatkan harga lelang,” ungkap Tri Wahyuningsih. Selain pelaksanaan lelang yang dilakukan oleh KPKNL, lanjutnya, ke depan pelaksanaan lelang email mampu diterapkan oleh pejabat lelang kelas II yang ada di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, wanita yang sebelumnya menjabat Kepala Subdirektorat Kekayaan Negara Dipisahkan II ini menjelaskan sebelum lelang melalui email diimplementasikan, perlu sosialisasi kepada seluruh pihak yang terlibat baik pejabat lelang maupun bendahara. Dari sisi Bank Mandiri, hal ini dapat digunakan kesempatan untuk berpartisipasi dari sisi pembayaran hasil lelang dan penyelesaiannya di seluruh kantor-kantor cabang terdekat. “Tentunya sosialisasi ini nantinya memberikan pemahaman yang sama antara petugas KPKNL dan Bank Mandiri dalam pelaksanaan lelang email,” ungkap Tri pada akhir sambutannya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Bina Lelang II Direktorat Lelang Agus Yulianto memaparkan tata cara pelaksanaan lelang melalui email. “Kebutuhan lelang email merupakan salah satu langkah modernisasi pelaksanaan lelang, dimana peserta lelang tidak perlu hadir saat pelaksanaan lelang,” paparnya.

Pria yang hobi futsal ini mengatakan pelaksanaan lelang email merupakan amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 106 Tahun 2013 tentang perubahan PMK Nomor 93 Tahun 2010 tentang petunjuk pelaksanaan lelang. Lelang melalui email diharapkan mampu memberikan informasi memadai tentang obyek lelang dan peserta lelang dapat mengajukan penawaran lelang dari mana saja sehingga fairness antar peserta lelang semakin baik. Dalam lelang email ini, peserta lelang yang telah diverifikasi dan diregistrasi oleh Bendahara Penerima KPKNL cukup menyampaikan penawarannya melalui surat elektronik (email) sehingga menghemat biaya dan waktu.

Dalam sosialisasi ini diadakan roleplay lelang email dengan barang-barang antara lain, Setrika merk Philips HD 1301, Headset merk Sennheiser HD 201, Speaker aktif  Logitech  LS 21, dan Power Bank Hippo New Evo Power 6000 mAh. Akhirnya, dalam sesi roleplay lelang email, keempat barang tersebut “disapu” habis oleh KPKNL Samarinda.

Acara ditutup oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalimantan Timur Hendra Zulkarnain yang didampingi oleh Kepala Seksi Bina Lelang III Agus Yulianto beserta perwakilan Bank Mandiri dan mengharapkan agar lelang email ini dapat segera diimplementasikan khususnya di wilayah Kaltim. (Dwinanto-Humas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini