Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kaltimtara Dukung Pertumbuhan UMKM melalui Webinar Kewirausahaan
Mohamad Fadli Surur
Rabu, 07 September 2022   |   129 kali

Samarinda – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memeiliki peran yang sangat penting dalam penyerapan tenaga kerja, investasi, dan pembangunan ekonomi. Saat ini, UMKM memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian dengan menyediakan 97 persen lapangan kerja, memiliki share lebih dari 60 persen PDB, dan lebih dari 60 persen investasi. Sementara pemuda, yang merupakan 16 persen dari populasi global, merupakan kunci dari masa depan suatu negara. Kaum muda akan segera memasuki dunia kerja dan berkontribusi pada perekonomian. Diperlukan dorongan untuk meningkatkan akses kelompok ini ke layanan keuangan formal yang memungkinkan mereka untuk menjadi aktor sosial ekonomi yang aktif membangun inisiatif kewirausahaan dan memberikan kontribusi pada penciptaan lapangan kerja.

Dalam rangka mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian melalui pemberdayaan Usaha Makro Kecil Menehngah (UMKM) dan ekonomi kreatif, Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara menggelar kegiatan webinar kewirausahaan bagi pemuda dan masyarakat. Dengan mengambil tema “Pemuda, Peningkatan Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan UMKM” pada Senin (5/9).

Kegiatan webinar yang merupakan perwujudan sinergi dan kolaborasi Kemenkeu Satu di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Utara ini dilaksanakan secara hybrid via kanal zoom meeting dan melalui tatap muka yang berlangsung di Aula Lantai 2 Gedung Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Kusumawardhani,  Kepala Kanwil DJBC Kalbagtim Kukuh Sumardono Basuki, Plh Kepala Kanwil DJPB Pro. Kaltim Edwin Asrul, dan Kepala BDK Balikpapan Ahmad Fatkhur. Acara ini juga mengundang beberapa narasumber diantaranya Kepala Kanwil DJP Kaltimtara Max Darmawan, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Darmansjah M. Prijanto, Putri Duta Wisata Intelegensia Benuo Taka 2021, serta Owner Manika Kaltim Padlian Arip.

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara Kusumawardhani dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan dari diadakanya webinar ini adalah  untuk dapat memfasilitasi masyarakat khususnya generasi milenial yang ada di Kaltimtara untuk bisa mengembangkan ekonomi kreatif melalui UMKM. “Kegiatan webinar ini pesertanya didominasi oleh mahasiswa tingkat akhir, kami mengajak mereka agar tertarik untuk berwiraswasta dan membangkitkan ekonomi kreatif,” ucapnya.

Apalagi lanjutnya, Provinsi Kalimantan Tiur dan Kalimantan Utara tidak hanya kaya secara sumber daya alam, namun juga memiliki potenwi wisata, seni dan budaya.”Budaya lokal yang ada juga sangat mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan. Kami ingin anak mudak-mudi ini mampu memanfaatkan potensi ini,” pungkasnya.

Selanjutnya Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan UMKM merupakan unit usaha padat karya yang mampu menyerap banyak lapangan pekerjaan dan menjadi sektor yang sangat strategis dalam membantu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Dengan besarnya potensi yang ada dari UMKM, pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia neniliki komitmen yang kuat untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui berbagai kebijakan fiskal dan moneter,” terangnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan webinar yang diinisiasi oleh DJKN Kaltimtara tersebut yang menggandeng berbagai mitra seperti BI, DJBC, DJP, DJPB dan LPEI. Ia juga berharap agar kegiatan tersebut tidak berhenti sampai webinar saja, tetapi bisa berlanjut dalam pembinaan dan dukungan keuangan. “Semoga juga Kaltim mendapat dana bagi hasil yang lebih besar agar bisa membangun Kaltim menjadi lebih baik,” harapnya.

Kegiatan  Webinar ini diikuti secara antusias oleh seluruh peserta baik yang hadir secara luring ataupun daring. Setelah acara diskusi panel selesai, dilakukan sesi tanya jawab antara narasumber dengan para peserta webinar.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penyerahan penghargaan berupa plakat kepada para narasumber serta dilakukan pengambilan foto bersama oleh seluruh pembicara dan peserta webinar. (SI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini