Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalkan Paguntaka Ballroom, Kanwil DJKN Kaltimtara Raih Peringkat Dua KOIN 2021
Mohamad Fadli Surur
Sabtu, 23 Oktober 2021   |   136 kali

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara berhasil meraih peringkat kedua dalam Kompetisi Inovasi (KOIN) Implementasi Asset Manager Tahun 2021 kategori Optimalisasi BMN pada Pengguna Barang. Dengan mengusung tema “Kontribusi Paguntaka Ballroom dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak”. Sebelum mencapai grand final Tim Koin Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara terlebih dahulu melalui beberapa tahap yang dimulai dari tahap penilaian, dan sebagai puncaknya yaitu grand final yang diselenggarakan pada Kamis (21/10) secara daring.

Paguntaka Ballroom merupakan aset yang dikelola dan digunakan sebagai penunjang dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi dari KPKNL Tarakan dan kemudian dioptimalkan penggunaanya dengan cara disewakan kepada masyarakat. Pada tahun 2021 optimalisasi aset ini telah memberikan kontribusi terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp176 juta, sedangkan pada tahun 2021 hingga Triwulan III berhasil memperoleh pendapatan sebesar Rp188 juta dari hasil penyewaan yang seluruhnya sudah disetorkan ke kas negara.

Selain berkontribusi pada PNBP, optimalisasi Paguntaka Ballroom juga turut andil dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada sektor riil, terutama kelompok usaha kecil yang bergerak dalam mendukung penyelanggaraan pernikahan. Selain itu, pada pertengahan tahun 2021 telah diselenggarakan lelang dan bazar produk UMKM  yang diadakan di Paguntaka Ballroom. Hal ini membuktikan bahwa optimalisasi Paguntaka Ballrom bukan hanya berkontribusi dalam tambahan PNBP namun juga ikut serta dalam mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Tarakan, Paguntaka Ballroom juga berkontribusi dalam meningkatkan efisisensi anggaran berbagai instansi pemerintah yang ada di Kota Tarakan. Berbagai kegiatan instansi pemerintah seperti rapat hingga konferensi pers dapat diselenggarakan di Paguntaka Ballroom tanpa dipungut biaya. Hal ini tentu akan memberikan cost saving, karena instansi penyelenggara tidak perlu repot membayar sewa gedung pertemuan untuk kegiatan yang akan dilakukan.

KOIN merupakan wujud komitmen dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam mengelola aset negara. Penyelengaraan kegiatan ini sekaligus merupakan langkah awal menuju Distinguished Asset Manager yang telah dikukuhkan dalam Roadmap DJKN Tahun 2019-2028. KOIN diharapkan dapat meningkatkan kerjasama unit vertikal DJKN, Unit Eselon I di Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga dalam mengoptimalkan aset yang digunakan. (Teks: Putri, Surur/Foto: Surur)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini