Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PUG menjadi Strategi dalam Pembangunan Nasional
Arum Ratna Dewi
Kamis, 17 Juni 2021   |   115 kali

                 Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara menyelenggarakan kegiatan Knowledge Sharing terkait Pengurustamaan Gender (PUG) pada Kamis (17/6) secara virtual melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Kegiatan  tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara bersama Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam melakukan knowledge sharing PUG agar terciptanya keadilan dalam setiap aspek jajaran pada Kementerian Keuangan khususnya DJKN dalam memahami konsep PUG tersebut. Selain itu, juga memastikan keberlanjutan dalam pelestarian kebudayaan dan kualitas pelaksanaan PUG di wilayah Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara.

                Kegiatan yang dibuka dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Bidang Penilaian Wahyu Purnomo, disampaikan bahwa saat ini PUG sering didengar oleh masyarakat, namun pemahaman terhadap implementasi PUG tersebut masih banyak yang belum memahami. Kendala tersebut terkait bagaimana proses PUG yang dilakukan secara baik untuk meningkatkan kesejahteraan di lingkungan Kementerian Keuangan maupun di masyarakat luas. Menanggapi hal ini tentunya perlu ditingkatkan lagi pemahaman masyarakat mengenai pengarusutamaan gender, jangan sampai terjadi salah persepsi mengenai PUG.

                Demi memberikan pengetahuan mengenai PUG Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengundang Kepala Subbagian Perencanaan Anggaran Kantor Pusat DJKN Rusmawati Damarsari sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa isu gender dalam PUG telah bersifat global sejak dulu, beberapa kajian yang membahas terkait PUG menyatakan bahwa perempuan harus dimasukkan dan diikutkan kedalam program pembangunan. Dalam kaitannya tersebut, sampai saat ini masih terdapat kerancuan dalam memahami konsep gender. Gender berbeda dengan jenis kelamin, adapun perbedaan jenis kelamin dan gender yaitu jenis kelamin merupakan ciptaan Tuhan, bersifat kodrat, tidak dapat berubah, tidak dapat ditukar, dan berlaku sepanjang zaman dan dimana saja. Sedangkan gender merupakan buatan manusia, tidak bersifat kodrat, dapat berubah, dapat ditukar, dan tergantung waktu serta budaya setempat.

                “Gender adalah perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk/dikonstruksikan oleh masyarakat dan bersifat dinamis. Mengenai hal tersebut, sampai saat ini masih terjadi di lingkungan kita terkait sterotype terhadap perempuan dan laki-laki yang mengakibatkan terjadinya diskriminasi,” ungkap Rusma.

              Maka PUG sangat diperlukan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh aspek kehidupan dan pembangunan. (Ard/Kanwil Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini