Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sukses Sertipikasi BMN Tahun 2020, Sertipikasi BMN Tahun 2021 Ditargetkan Selesai Lebih Cepat
Mohamad Fadli Surur
Jum'at, 27 November 2020   |   119 kali

Kanwil DJKN Kaltimtara bersama dengan Kanwil Kementerian ATR/BPN Prov. Kaltim mengadakan Rapat Koordinasi Sertipikasi BMN Berupa Tanah di Wilayah Kaltimtara Tahun Anggaran 2021 pada hari Kamis (26/11) di aula lantai dua gedung Kanwil DJKN Kaltimtara. Acara yang dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Kepala KPKNL Tarakan, Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Kaltimtara, serta satker di wilayah Provinsi Kaltimtara. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi terkait persyaratan administrasi dalam pengajuan sertipikasi BMN berupa tanah dan upaya mempercepat proses sertipikasi BMN berupa tanah pada tahun 2021 di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Utara.

Surya Hadi selaku Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut andil dalam penyelesaian sertipikasi BMN berupa tanah di wilayah Kalimantan Timur dan Utara. “Saya sangat mengapresiasi kinerja Bapak dan Ibu semua karena meskipun terhalang oleh pandemi Covid-19 namun tetap bisa mencapai target 100% sertipikasi BMN di tahun 2020,ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, target 100% itu meliputi 239 sertifikat di mana target sebelumnya adalah 349, namun ada 110 target bidang tanah yang di-carry over akibat pandemi Covid-19 ke tahun 2021, sehingga total target sertipikasi di tahun 2021 menjadi 378 bidang tanah. Surya Hadi berharap, di tahun 2021 sertipikasi BMN dapat dituntaskan paling cepat pada kuartal I 2021 di bulan Maret atau selambatnya pada akhir semester satu di bulan Juni 2021. Adapun syarat agar target tersebut dapat terpenuhi adalah berkas-berkas yang ada harus lengkap dan selama proses sertifikasi para satker dapat terus berkomunikasi dengan KPKNL di wilayah kerjanya agar dapat diketahui progresnya.

Pada acara yang sama, Sudarno Kepala Seksi Bina Pengadaan Tanah Pemerintah Kanwil BPN Provinsi Kaltim yang mewakili Kepala Kanwil BPN Provinsi Kaltim menyampaikan bahwa sertipikasi BMN untuk tahun 2021 diusahakan selesai pada bulan April dan maksimal dapat selesai di akhir semester l. Untuk mendukung target penyelesaian sertipikasi BMN tersebut, satker-satker diharapkan untuk selalu aktif dalam permohonan sertfikasi sehingga kendala-kendala yang dihadapi bisa diantisipasi.

Acara dilanjutkan oleh Sri Warsiyati selaku Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Kaltimtara, dalam sambutannya ia berharap untuk mencapai target di tahun 2021 para satker dapat belajar dari sertipikasi sebelumnya yang tetap dapat dilakukan secara maksimal meskipun terkendala Covid-19 salah stunya dengan lebih memaksimalkan koordinasi dengan kantah dalam melaksanakan pengukuran tanah. Selanjutnya ia memaparkan rencana aksi untuk sertipikasi BMN di tahun 2021.

Pada kesempatan ini juga diadakan evaluasi pelaksanaan dan prognosa target normatif Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah di wilayah Kaltimtara tahun 2020. Beberapa keluhan yang disampaikan oleh satker maupun kantor pertanahan umumnya berupa kesulitan koordinasi antara kedua belah pihak, masalah anggaran, hingga masalah keterbatasan jumlah SDM yang memadai. Acara ditutup dengan diskusi tentang langkah-langkah untuk mempercepat proses sertipikasi BMN berupa tanah di tahun 2021. (mfs/seksi informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini