Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Rabu, 29 April 2020   |   635 kali

Kanwil DJKN Kaltimtara mengadakan kajian Ramadhan dengan tema "Tetap Sehat dan Bugar di bulan Ramadhan 1441 H" pada hari Rabu (29/04) pukul 08.00 WITA.

Kajian berlangsung melalui Zoom dengan pembicara Dr. Dr. Siti Khotimah, M. Kes. yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, diikuti oleh seluruh pegawai muslim Kanwil DJKN Kaltimtara dan KPKNL di lingkungan Kaltimtara. Dalam kajian ini, beliau membagikan kiat-kiat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di bulan Ramadhan, khususnya dalam situasi pandemik COVID-19 saat ini.

Sehat adalah suatu keadaan yang sejahtera meliputi kondisi fisik, mental, dan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Oleh sebab itu, pikiran menjadi salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kesehatan sesorang. “Milikilah pandangan positif bahwa puasa itu menyehatkan,” ujar Siti Khotimah. Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan antara lain adalah membantu menurunkan berat badan, memperbaiki sensitifitas insulin, mempercepat metabolisme, meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah stroke dan resiko penyakit jantung koroner.

                Adapun saran-saran yang diberikan untuk mejaga kesehatan dan kebugaran fisik selama puasa meliputi berbuka sedini mungkin dengan makanan yang mengandung glukosa tinggi, menghindari makan berlebih saat berbuka, sahur sedapat mungkin mendekati waktu imsak, makan makanan bergizi dan seimbang, minum banyak untuk mencegah dehidrasi, melakukan olahraga ringan, tidur cukup dan berkualitas, serta mengkonsumsi buah-buahan dan multivitamin untuk menambah stamina. “Yang tidak kalah penting, tumbuhkan kegembiraan dalam melakukan ibadah puasa Ramadhan,” pungkasnya. (Bellisa/KIHI Kaltimtara).

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini