Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ramadhan & WFH: Bagaimana Memaksimalkannya?
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Jum'at, 24 April 2020   |   202 kali

Dalam rangka mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, Kanwil DJKN Kaltimtara mengadakan kajian Ramadhan dengan tema "Ramadhan & WFH: Bagaimana Memaksimalkannya?" pada hari Kamis (23/04) pukul 14.00 WITA.

Kajian berlangsung melalui Zoom dengan pembicara Dr. Agus Setiawan, Lc. MA.  Yang merupakan salah satu pimpinan Pesantren Kursiya Bogor, diikuti oleh seluruh pegawai muslim Kanwil DJKN Kaltimtara. Dalam kajian ini, beliau membagikan tips-tips untuk mengoptimalkan ibadah dan bekerja di bulan Ramadhan dalam situasi Work From Home (WFH), seperti mengusahakan tetap makan sahur, memperhatikan asupan makanan, membuat prioritas kerja, dan tidak melupakan istirahat.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan, beliau mengingatkan amaliyah reguler Ramadhan, seperti, shaum, zakat fitrah, zakat maal, tarawih, sedekah seperti memberi makan yang puasa, tilawah, dan i’tikaf. Ibadah lain yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan juga mencakup membaca surat Al-Ikhlas 10x, shalat dhuha dan Qabliyah Dzuhur, shalat sunnah setelah wudhu, berjama’ah dengan keluarga, shalat isyraq, shalat rawatib, serta membantu pekerjaan rumah.

            Bulan Ramadhan tahun ini memang agak berbeda dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Jika bulan puasa biasa diisi dengan tarawih di masjid dan buka bersama, pada bulan puasa tahun ini masyarakat dihimbau untuk menjalankan ibadah puasa di rumah masing-masing. Wabah COVID-19 yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia di dalamnya, membuat masyarakat harus benar-benar membatasi setiap pergerakan dan kontak langsung dengan orang lain guna mencegah penyebaran virus. Semoga kondisi pandemik saat ini tidak menyurutkan semangat kita dalam berbuat amal saleh sebanyak-banyaknya. Selamat menjalankan ibadah puasa. (Bellisa/KIHI Kaltimtara).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini