Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
FGD 112 Tahun Lelang di Indonesia: Lelang Sebagai Preferensi Masyarakat dalam Transaksi Jual Beli
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Rabu, 11 Maret 2020   |   158 kali

Samarinda, Kanwil DJKN Kaltimtara menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Balai Lelang dan Pejabat Lelang Kelas II pada hari Rabu (05/03) dalam rangka memperingati 112 tahun Lelang di Indonesia.

                Bertempat di Aula KPKNL Balikpapan, kegiatan FGD dibuka pada pukul 10.00 WITA oleh Surya Hadi selaku Kakanwil DJKN Kaltimtara. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa acara Forum Group Discussion (FGD) diadakan untuk menyamakan persepsi dan tujuan akhir proses lelang antara antara Balai Lelang, Pejabat Lelang Kelas II, dan Pejabat Lelang Kelas I, serta meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat dalam mengikuti lelang.

                Acara dilanjutkan dengan pemaparan proses bisnis lelang oleh Balai Lelang, Pejabat Lelang Kelas II, Pejabat Lelang Kelas I dan/atau Pelelang. Dalam kesempatan ini turut dipaparkan kendala yang dihadapi oleh Balai Lelang dan Pejabat Lelang Kelas II, antara lain semakin berkurangnya jumlah unit support dari Perusahaan Finance untuk Balai Lelang yang mengharuskan Balai Lelang untuk mencari pangsa pasar lain dengan beberapa program yang ditawarkan, serta kurangnya minat dan kepercayaan dari Perusahaan BUMN/BUMD di wilayah Balikpapan untuk melakukan penjualan melalui lelang oleh Pejabat Lelang Kelas II.

Pada diskusi penutup terkait perusahaan leasing yang melakukan lelang di kantor pusatnya di Jakarta, Kanwil DJKN Kaltimtara akan berdiskusi dengan Direktur Lelang terkait pembuatan regulasi agar lelang bisa dilaksanakan di daerah tempat barang itu berada, serta meminta Direktur Lelang untuk melakukan koordinasi dengan kantor pusat perusahaan Leasing tersebut di Jakarta. Dengan demikian, diharapkan akan ada lebih banyak lelang dilaksanakan di daerah. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)              

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini