Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bermain sambil Belajar di Lokakarya Peningkatan Soft Competency
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Jum'at, 11 Oktober 2019   |   160 kali

Samarinda, Sekretariat Ditjen DJKN bekerjasama dengan Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BPPK bertandang ke Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara untuk menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Soft Competency bagi Pegawai DJKN.

Lokakarya diadakan selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 9-10 Oktober 2019. Lokakarya hari pertama diisi oleh Rizki Akita dari Sekretariat Ditjen DJKN di Ruang Rapat Besar Kanwl DJKN Kaltimtara dengan pemaparan materi mengenai Assessment Center (AC), yaitu penilaian berbasis kompetensi yang dilakukan kepada pegawai dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi, metode, dan alat ukur yang dilakukan oleh beberapa penilai AC.

Adapun komponen dan infrastruktur AC meliputi Kamus Kompetensi, Standar Kompetensi Jabatan, Metode dan Alat Ukur, serta assessee dan assessor. Terdapat 4 metode yang dapat diterapkan dalam mengukur kompetensi, mencakup inventory, simulation, assignment, dan wawancara. Inventory dilakukan dengan personality/trait inventory dan rekam jejak riwayat hidup pegawai, sementara simulasi yang dijalankaan dalam AC meliputi simulasi in basket, LGD (Leaderless Group Discussion), dan Management Role Play. Selanjutnya adalah assignment yang terdiri atas analisis/presentasi kasus, self assessment,  peniliaian kompetensi teknis, serta form critical incident, dan yang terakhir adalah wawancara.

Hari kedua Lokakarya dibawakan oleh tim dari PPSDM BPPK yang dipimpin oleh Bambang Kismanto, Wisyaiswara Ahli Madya. Lokakarya diadakan di Rumah Kayu Ulin Samarinda, diisi dengan materi-materi terkait nilai-nilai Kementerian Keuangan dan kompetensi manajerial seperti inovasi dan kreativitas yang dibungkus dalam berbagai macam permainan, seperti lomba yel-yel, mencari kertas dengan mata tertutup, memasukkan/memindahkan karet gelang, membuat tiang bendera, dan games petualangan.  Acara dimulai pukul 08.00 WITA dan selesai pukul 15.30 WITA. Lokakarya Peningkatan Soft Competency ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dalam satu unit kerja, penguatan nilai-nilai Kemenkeu, serta mendukung peningkatan kompetensi manajerial, dan wajib diikuti oleh semua aparatur sipil negara maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja di Kanwil DJKN Kaltimtara. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini