Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Koordinasi, Kunci Capaian Target Pengelolaan Kekayaan Negara
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Rabu, 17 Juli 2019   |   171 kali

Koordinasi, Kunci Capaian Target Pengelolaan Kekayaan Negara

SamarindaDalam rangka pencapaian target IKU pada nilai manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara berupa PNBP dan nilai kekayaan negara yang diutilisasi pada tahun 2019, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengadakan rapat koordinasi dengan 24 satker koordinator wilayah Kalimantan Timur dan Utara.

Rakor diadakan pada hari Rabu (17/7) pukul 14.00 WITA, bertempat di Ruang Rapat Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Timur. Selain berdiskusi tentang pengelolaan kekayaan negara, rakor yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Surya Hadi ini juga membahas terkait penyelesaian penilaian kembali BMN. Surya Hadi dalam sambutannya menyatakan, pihak Kanwil akan membantu mengeksplorasi kendala dalam memetakan aset-aset satker.

Adapun kendala-kendala yang dialami oleh satker dalam pengelolaan aset umumnya disebabkan oleh belum adanya sketsa, street map, atau denah, serta pemisahan APBN dan APBD. Sementara permasalahan pada penilaian kembali BMN bermuara pada keterbatasan SDM, dokumen pendukung yang belum lengkap, serta adanya satker yang belum menyerahkan formulir pendataan atau perbaikannya. Revaluasi BMN berfolks pada penyelesaian cluster K2-K10, dengan range nilai aset antara 5 miliar sampai dengan lebih dari 1 triliun rupiah.

Surya Hadi melanjutkan, utilisasi BMN dapat berupa pemanfaatan, penetapan status penggunaan, tukar-menukar, dan hibah. “Jika ada yang mau memberikan hibah kepada kita, segera koordinasikan dengan kami untuk diurus persyaratan dan kendala yang mungkin dihadapi agar segera ditindaklanjuti,” pesannya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan progress pengelolaan kekayaan negara dan revaluasi BMN oleh masing-masing kepala KPKNL wilayah Kalimantan Timur dan Utara.

Menyambung pemaparan tersebut, Sri Warsiyati Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara menjelaskan telah memetakan potensi BMN yang belum ditetapkan statusnya disertai dengan kewenangannya. “Jika ada potensi PSP, kami akan bantu mendorong percepatannya,” tegasnya. Menutup rangkaian acara, Surya Hadi menyatakan akan berbicara dengan pimpinan koordinator wilayah masing-masing satker untuk tindak lanjut yang lebih efektif dan efisien.(Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini