Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dekatkan Diri ke Alam, Kanwil DJKN Kaltimtara Gelar Rakerda di Hutan
Agung Yuniarto
Selasa, 02 Oktober 2018   |   725 kali

Samarinda - Hal berbeda dilakukan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) saat menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2018. Rapat yang berlangsung selama tiga hari pada 26-28 September 2018 tersebut tidak dilakukan di lokasi forum resmi atau hotel, namun dilakukan dengan suasana Camping Ground di alam terbuka, yakni di kawasan Hutan Alam Bukit Bangkirai, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat di alam terbuka ini sesuai arahan Dirjen Kekayaan Negara dalam Rakernas di lampung. “Tujuan rapat seperti ini, untuk lebih mendekatkan diri dengan alam sekitar,” ujarnya. Kegiatan bertema “Dengan Semangat Revaluasi BMN, Kita Bangun Sinergi Untuk Organisasi Yang Inovatif dan Semakin Profesional” tersebut diikuti oleh semua unit kantor di wilayah DJKN Kaltimtara, meliputi KPKNL Samarinda, KPKNL Balikpapan, KPKNL Bontang, KPKNL Tarakan dengan peserta 58 orang.

Rapat di hutan dengan tidur ditenda dengan velbed mungkin merupakan kegiatan yang pertama dilakukan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara bahkan mungkin di Kementerian Keuangan, sehingga bisa menjadi contoh bagi unit-unit lain untuk mengikutinya. Agenda dalam rakerda ini adalah monitoring dan evaluasi revaluasi BMN, evaluasi kinerja, pemaparan inovasi-inovasi di lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara, pelatihan penilaian hutan dari Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, dan kegiatan out bond.

Untuk monev revaluasi BMN, bulan September adalah waktu terakhir dalam penyelesaian perbaikan kualitas pelaksanaan penilaian kembali BMN, baik pada aplikasi SIMAN, SIPREVAL maupun Laporan Penilaian Kembali BMN, kerena mulai bulan Oktober 2018 Badan Pemeriksa Keuangan akan mengaudit semua hasil Revaluasi BMN sejak tahun 2017 sampai dengan 2018. KPKNL lingkup Kanwil DJKN Kaltimtara akan melakukan langkah-langkah persiapan, tindak lanjut dan mitigasi atas pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK RI atas nilai wajar BMN hasil revaluasi.

Terhadap evaluasi capaian kinerja yang dilakukan oleh bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, yang hasilnya secara umum sudah tercapai kecuali beberapa IKU yang masih perlu mendapatkan perhatian khusus, agar segera melakukan langkah-langkah pencapaian.

Bagi peserta rakerda, acara outbond adalah yang paling ditunggu, karena bisa melepaskan kepenatan, keseriusan bekerja dengan hal-hal tantangan yang menyenangkan. Kegiatan outbond berlangsung setengah hari dan diikuti semua peserta rakerda. Permainan outbond tujuannya adalah meningkatkan kemampuan aktualisasi diri seorang pegawai yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan organisasi, menumbuhkan jiwa leadership pegawai, melatih kerja sama tim, melatih kemampuan analisa dan pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan, dan menjadi sarana refreshing bagi karyawan.

Selain itu, kegiatan yang tidak kalah menarik adalah pelatihan penilaian sumber daya alam dengan melakukan penilaian hutan yang dipandu staf Direktorat Penilaian. Ardi. Ia menyampaikan hahwa hutan menurut fungsinya dibagi menjadi tiga, yaitu hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi. Selain pemaparan teori penilaian juga dilakukan praktek penilaian hutan di kawasan Bukit Bangkirai.

Rakerda ditutup oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi dengan upacara penutupan di halaman lokasi camping dengan membacakan butir-butir Rakerda yang sudah ditandatangani seluruh Kepala KPKNL di wilayah Kalimantan Timur dan Utara. “Saya berharap kegiatan seperti ini, kedepan bisa dilakukan kembali supaya kita bisa lebih santai, me-refresh pikiran, jauh dari sinyal handphone dan membumi bersama alam, namun demikian tujuan dan sasarannya tercapai,” pungkas Surya Hadi. (agung/kihi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini