Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
““Peningkatan Kinerja Pejabat Lelang Kelas II Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Layanan PT. Balai Lelang Serasi””
Jeane Luntungan
Kamis, 02 Agustus 2018   |   168 kali

PT. Balai Lelang Serasi atau populer dengan nama IBID merupakan balai lelang yang pada Tahun 2017 menempati rangking pertama balai lelang dengan kinerja terbaik di sektor kendaraan pada tingkat Nasional dengan capaian pokok lelang Rp2,3 T. Pencapain ini kurang lebih 50% berasal dari pelaksanaan lelang Non ekskusi sukarela yang dilaksanakan oleh Pejabat Lelang Kelas II yang berada di wilayah Kalimantan Timur khususnya Kota Balikpapan sebesar Rp601M.

Senin 30 Juli 2018, bertempat  di ruang Senyiur Hotel Swissbel Balikpapan kembail diadakan rapat koordinasi antara Bidang Lelang Kanwi DJKN Kaltimtara dan PT. Balai Lelang Serasi  dengan mengundang seluruh Pejabat Lelang Kelas II di wilayah Kaltimtara. Rapat ini merupakan rapat rutin yang telah diselenggarakan selama 3 tahun ini dengan tujuan untuk melaksanakan evaluasi bersama terhadap capaian pelaksanaan lelang sukarela yang berasal dari Balai Lelang Serasi, sekaligus sebagai kegiatan untuk berdikusi dan  sosialisasi peraturan lelang terbaru.

Dalam sambutannya Doxa Manurung selaku Presdir PT. Balai Lelang Serasi (Ibid) menyampaikan bahwa dalam semester pertama ini capaian hasil penjualan khususnya di Kalimantan  kurang menggembirakan baik dari frekuensi dan pokok lelang yang dihasilkan, hal ini disebabkan disamping maraknya promosi dari penjualan kendaraan baru (Diskon gede-gedean) juga disebabkan makin berkurangnya unit / kendaraan yang akan dijual. Namun demikian Ibid akan mencoba menggali potensi dan peluang baru dengan adanya peningkatan atau mengeliatnya kembali usaha pertambangan batu bara di Kalimantan yaitu lelang kendaraan/alat berat pertambangan.  Ibid juga berharap pada acara rapat koordinasi dan evaluasi ini dapat dihasilkan masukan-masukan dan terobosan untuk mendongkrak capaian hasil mereka agar bisa meningkat sampai dipenghujung tahun 2018 nanti. Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi selaku Superintenden Pejabat Lelang Kelas II mengingatkan agar para pejabat lelang selalu meningkatkan kapasitasnya dan melakukan persaingan yang sehat sesama pejabat lelang. Pejabat lelang Kelas II dituntut tidak hanya sebagai pejabat yang mengesahkan lelang  atau ketok palu saja namun harus bisa ikut memasarkan dan senantiasa melakukan penggalian potensi lelang.

Pada kesempatan yang sama, Suharno Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kaltimtara dalam paparannya menyampaikan dalam kurun waktu yang sama terjadi penurunan yang sangat signifikan baik dari segi frekeunsi maupun hasil lelang sukarela dari Balai Lelang Serasi, dimana pada semester I tahun lalu realisasi hasil lelang sukarela Ibid dengan frekuensi 33 kali sebesar Rp.73,7 Milyar namun tahun 2018 ini baru tercapai frekeunsi 22 kali dengan hasil sebesar Rp.55,8 Milyar.

Sebelum menutup seluruh kegiatan dengan diskusi, Arif Yuliono Kepala Seksi Bimbingan Lelang I menyampaikan sosialisasi terkait fungsi pengawasan dari Superintenden dan Evaluasi terhadap hasil verifikasi Risalah Lelang PL Kelas II. Rapat ditutup dengan diskusi dan ada beberapa masukan baik untuk PT. Balai Lelang Serasi maupun Kanwil Kaltimtara diantaranya  balai Lelang Serasi agar  melalukan upgrade terhadap website/situs yang dimilikinya sebagai sarana lelang online dan selalu meng-update jadwal dan informasi barang yang dilelang. Sedangkan untuk Pejabat Lelang Kelas II dituntut untuk selalu profesional dalam menjalankan profesinya baik administrasi maupun layanan yang diberikan.  (Arif Yuliono)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini