Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sukseskan Revaluasi BMN, Tim Penilai Kanwil DJKN Kaltimtara Susuri dan Nilai Tanah Papua
Tonny Ardhianto
Senin, 11 Desember 2017   |   167 kali

Samarinda - Sinergi kegiatan Perbantuan dalam rangka Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017 di Papua Barat dengan satuan kerja di bawah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jayapura telah selesai dilaksanakan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara).

Kegiatan tersebut tuntas dilaksanakan oleh Tim Penilai Kanwil DJKN Kaltimtara sampai terbitnya Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian (LHIP). Untuk perbantuan ini Kanwil DJKN Kaltimtara menerjunkan dua tim penilai dengan Abdul Khalim sebagai Ketua Tim I dan Antonius Suhenri sebagai Ketua Tim II. Tim I bertugas selama dua minggu mulai 12-25 November 2017. Kemudian dilanjutkan Tim II selama enam hari mulai 26 November 2017 hingga 1 Desember 2017. 

Objek revaluasi BMN yang dimohonkan oleh KPKNL Jayapura terdiri dari Satuan Kerja (satker) Lantamal, satker Badan SAR Timika, satker BBWS, dan satker Brimob serta satker Poltekkes dengan tingkat kesulitan mencapai obyek yang berbeda-beda.

Dari hasil evaluasi berkas diketahui satker yang  memenuhi syarat untuk dilakukan inventarisasi dan penilaian kembali atau dokumen sudah lengkap hanya satker Lantamal dan satker Badan SAR Timika. Untuk satker BBWS berdasarkan data yang ada telah dilakukan penilaian oleh KPKNL Jayapura. Sedangkan dua satker lainnya yaitu Brimob dan Poltekkes sejalan dengan terbentuknya Provinsi Papua Barat menjadi satker dibawah KPKNL Sorong. Tim penilai dari Kanwil DJKN Kaltimtara berhasil menyelesaikan 92 bidang tanah untuk Lantamal dan satu bidang Tanah,  lima bangunan pada Kantor SAR Timika Pos Kaimana.

Kendala selama pelaksanaan penilaian, antara lain lokasi obyek yang sulit dijangkau mengingat kondisi geografis wilayah Papua dan faktor keamanan yang kurang kondusif. Selain itu untuk mencari data pembanding obyek tanah diwilayah Papua cukup sulit karena adanya budaya dan adat istiadat yang sangat mempengaruhi segi kehidupan bermasyarakat.

Namun demikian, Tim penilai Kanwil DJKN Kaltimtara bersama dengan pendamping dari KPKNL Jayapura maupun KPKNL Sorong serta satker terkait selalu berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat khususnya Kantor Pertanahan. Pengawalan dan pengamanan dari aparat Lantamal sangat membantu pelaksanaan tugas dilapangan mengingat situasi dibeberapa wilayah yang menjadi lokasi penilaian memanas terkait dengan insiden di Timika. Pesan yang selalu diingat adalah selalu menjaga kesehatan, makan yang sehat dan kenyang jangan biarkan perut kosong, dan yang paling penting jangan pikirkan nyamuk malaria, agar tugas dapat diselesaikan dengan baik dan pulang ke rumah dengan selamat.

Akhirnya tantangan dapat diatasi dan LHIP  dapat diselesaikan tepat waktu. Kepala KPKNL Jayapura mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara dan Tim penilai yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.

(Teks/foto: Antonius Suhenri/Khairunsyah)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini