Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upacara Hari Kesaktian Pancasila: Ideologi Pancasila Adalah Final
Agung Yuniarto
Senin, 02 Oktober 2017   |   264 kali

Samarinda - Rintik gerimis tidak mengurangi semangat seluruh pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan di Samarinda untuk mengikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dengan tema "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur" upacara dimulai pukul 08.00 WITA dengan dihadiri Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Surya Hadi.  Pejabat eselon III dan IV serta pegawai Kementerian Keuangan di Samarinda dengan khidmat mengikuti upacara yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Perbendaharaan Kalimantan Timur, Jalan Juanda 4 Samarinda, Senin (2/10/2017).

Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara Provinsi Kalimantan Timur, Miden Sihombing. Ada nuansa yang berbeda pada upacara kali ini, yaitu pembacaan ikrar kesetiaan kepada Pancasila dan seragam yang dikenakan para pesertanya. Pada upacara-upacara sebelumnya yang biasa mengenakan seragam atasan putih bawahan hitam, pada upacara kali ini batik lengan panjang menjadi pilihan sebagai dresscode, mengingat hari Senin 02 Oktober 2017 bertepatan dengan hari Batik  Nasional.

Pelaksanaan upacara ditutup dengan doa yang dipanjatkan sebagai permohonan kepada Allah SWT, agar Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk semakin merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ya Allah Ya Robby, jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan. Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil, dan sejahtera, Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur," ucap Pegawai Kanwil Perbendaharaan Negara Kalimantan Timur dalam doanya.

Pesan yang terkandung dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober adalah untuk menanamkan pesan dihati masyarakat dan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Ideologi Negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun. "Ideologi Pancasila adalah final.” (by Agung/KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini