Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mendayung Bersama Menuju Yang Terbaik
N/a
Jum'at, 18 Oktober 2013   |   907 kali

Banjarmasin - “Mens sana  in corpore sano” adalah suatu ungkapan dalam bahasa Latin yang akrab terdengar di telinga sejak kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang artinya di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat. Sebagai bentuk dari penjabaran pepatah tersebut,  Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Selatan dan Tengah (KalSelTeng) tiap hari Jumat dilakukan  kegiatan senam pagi sebagai implementasi dari Keputusan Menteri Keuangan Nomor 127/KMK.01/2013 tentang Program Budaya di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2013.

Kegiatan senam pagi pada hari Jumat, tanggal 4 Oktober 2013 di Kanwil DJKN KalselTeng yang dimotori Kepala Kanwil Marhokkom, Sitompul memulai dengan meneriakkan yel-yel, ”Kanwil DJKN KalselTeng kayuh baimbai menuju yang terbaik”. Yel-yel ini diucapkan untuk membakar semangat dan mempertegas sinergi insan di Kementerian Keuangan yang mempunyai integritas tinggi. “Kayuh baimbai” adalah ungkapan dua suku kata dalam bahasa Kalimantan Selatan yang artinya adalah mendayung bersama-sama. Hal ini, sebagai gambaran dari perahu Kanwil DJKN KalselTeng yang dinahkodai  kepala kanwil serta didukung oleh seorang kepala bagian umum dan lima kepala bidang yang membawahi tiga Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), yaitu KPKNL Banjarmasin, KPKNL Palangkaraya, dan KPKNL Pangkalan Bun mengusung visi menjadi yang terbaik dengan misi memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati dan ikhlas sesuai dengan Standar Prosedur Operasi (SPO).

Setelah selesai senam, dilakukan pengarahan outdoor oleh kepala kanwil guna membahas current issue, baik terkait tugas dan fungsi maupun hal lain yang berkembang di masyarakat. Terkait dengan tugas dan fungsi, pengarahan membahas kedatangan Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter (KNAM) Bappenas bersama Kepala Bagian Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan yang melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan bidang keuangan negara. Pemantauan dan evaluasi dilakukan untuk melihat standar prosedur operasi dilaksanakan sesuai dengan  kegiatan dan rencana yang telah disusun, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, dan tindak lanjut yang diambil untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi. Salah satu hasil pemantauan tim Bappenas adalah mengenai testimoni pengguna jasa layanan DJKN yang semuanya memberikan penilaian baik untuk DJKN. “Kita boleh berbangga diri, tapi tidak boleh berpuas diri yang pada akhirnya akan menjadi lupa diri. Sebagai insan di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya DJKN KalselTeng harus terus memperbaiki diri untuk lebih baik lagi, antara lain ikhlas dalam menjalankan tugas,” tutur Kepala Kanwil DJKN KalselTeng memberikan peringatan atas hasil penilaian tersebut. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan olahraga, antara lain bola voli, bulutangkis, dan tenis meja. Pertandingan ini diadakan dengan filosofi untuk membangun semangat berkompetisi yang sehat pada seluruh pegawai. Rangkaian kegiatan diakhiri acara memasak untuk makan siang. Filosofi acara masak bertujuan untuk menumbuhkan sinergi pada para pegawai di Kanwil DJKN KalselTeng dan untuk pencapaian yang diinginkan harus dimulai dengan usaha dan kerja bersama.  (Nando)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini