Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah
Berita DJKN

Kemenkeu Kalselteng Adakan Konferensi Pers Kinerja APBN 2021

Rabu, 21 Juli 2021   |   44 kali

Banjarmasin -  Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Ferdinan Lengkong bersama pejabat Kementerian Keuangan di wilayah Kalimantan Selatan yaitu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah Tarmizi, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah, Plt. Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan Sondy Mangatas Bornok Simanullang melakukan konferensi pers (konpers) bersama pada Rabu (21/07/2021) dengan tema Kinerja APBN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Triwulan II Tahun 2021 di aula Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan dihadiri jajaran media lokal dan nasional wilayah Kalimantan Selatan.


Kepala Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan secara singkat Postur APBN dalam sisi Pendapatan dan Belanja Negara, hal ini agar memberikan gambaran singkat terkait Peran APBN dan Kemenkeu dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Triwulan II Tahun 2021.

“Acara ini adalah wujud Transparansi Pemerintah dalam Pengelolaan APBN yang nanti akan dijelaskan kepada seluruh awak media dan seluruh masyarakat,” tambah Tarmizi


Kegiatan ini dipandu oleh moderator dalam hal ini Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Selatan, Sulaimansyah. Kepala Kanwil DJP, DJBC, DJKN, dan DJPb secara bergantian memaparkan  Materi terkait Kinerja APBN dan Peran Kementerian Keuangan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Triwulan II Tahun 2021, memaparkan peran masing-masing instansi dalam postur APBN terkait capaian kinerja s.d Triwulan II serta Dukungan Instansi dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.


Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Ferdinan Lengkong menyampaikan DJKN berperan dalam situasi pandemi COVID-19 dengan mengeluarkan beberapa program yang mendukung relaksasi proses bisnis yang ada, seperti Program Keringanan Utang dengan mekanisme Crash Program, maupun Kedai Lelang untuk mendongkrak gairah usaha UMKM. Selain itu, Ferdinan menyampaikan realisasi Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) s.d Triwulan II menunjukan hasil yang signifikan dibandingkan capaian Triwulan I.

“Capaian PNBP sampai dengan triwulan II telah melebihi target yang dibebankan, artinya kita mampu mencapai bahkan melampaui target tersebut,” ujar Ferdinan.


Di tempat yang sama, Kepala Kanwil DJP Kalselteng Tarmizi menyampaikan Penerimaan Pajak Kantor Wilayah DJP Kalselteng sebesar Rp6,115 triliun atau 42,59 persen dari target Rp14,357 triliun, dengan Persentase Pertumbuhan 9,08 persen.


Selanjutnya, Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan Sondy menyampaikan pula Penerimaan Negara dari sektor Kepabeanan dan Cukai khususnya wilayah Kalimantan Selatan. “Penerimaan Kepabeanan dan Cukai sampai dengan  triwulan II menunjukan hasil yang positif dimana target yang dibebankan kepada kami dengan 3 Mata Anggaran (Bea Masuk, Bea Keluar, dan Cukai) Rp33 miliar, sedangkan sampai dengan semester I ini Kanwil DJBC mampu menghimpun 263 miliar,” ungkap Sondy.

Konferensi pers jajaran Kementerian Keuangan wilayah Kalimantan Selatan ini merupakan kali kedua yang dilakukan secara lintas unit Eselon I Kementerian Keuangan yang berada di Kalimantan Selatan, sekaligus menjadi wadah menyambung sinergi koordinasi antar unit Kementerian Keuangan di Kalimantan Selatan. Dengan adanya sinergi ini diharapkan mampu menjadikan kinerja tahun berikutnya meningkat untuk Indonesia yang lebih baik. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran terkait APBN Kita, agar tiap masyarakat memiliki rasa peduli terhadap Uang Kita.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani, Km. 29,5 Banjarbaru Kalimantan Selatan - 70721
(0511) 4783527
(0511) 4784399
kanwildjkn12@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |