Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah
Berita DJKN

Goes To Universitas Lambung Mangkurat, DJKN kenalkan APBN dalam Perspektif Kekayaan Negara dan Lelang

Rabu, 14 Juli 2021   |   23 kali

Banjarbaru – (14/7) Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam kegiatan DJKN Goes to Campus 2021.

 

Mengusung tema "APBN 2021 dalam Perspektif Kekayaan Negara dan Lelang", Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Ferdinan Lengkong berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan pemahaman yang jelas terkait peran penting Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Postur APBN.

 

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan Pemahaman dan Pembelajaran terkait Tugas dan Fungsi DJKN. Khususnya dalam hal Pengelolaan Kekayaan Negara dan pelaksanaan Lelang, serta peran DJKN dalam APBN, selain dari Sektor Perpajakan maupun bea cukai yang mungkin lebih umum diketahui oleh masyarakat luas” Ujar Ferdinan Lengkong

 

Turut hadir secara virtual, Rektor Universitas Lambung Mangkurat, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Muhammad Fauzi, MP. Pada kesempatannya menyampaikan secara langsung dukungan penuh atas kegiatan DJKN Goes to Campus ini sebagai media sinergi dan kolaborasi antara Kementerian Keuangan kepada masyarakat khususnya mahasiswa terkait APBN dan Pengelolaan Kekayaan Negara.

 

“semoga kolaborasi dan kerja sama antara Universitas Lambung Mangkurat dengan DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Kementerian Keuangan, terus berlanjut dan mahasiswa mampu berpartisipasi pada Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Perspektif masyarakat untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik kedepannya” tambah Fauzi

 

Kegiatan ini diawali dengan kuis santai yang diarahkan oleh Saudara Dzaky Adzkar dan Ratna Nursafitri. Terlihat antusias Mahasiswa dalam mengikuti kuis tersebut dengan pertanyaan serta jawaban menarik selama pelaksanaannya.

 

Dalam kesempatan ini, Narasumber yang hadir mendukung kegiatan ini yaitu Purwito, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, KPKNL Banjarmasin dan Aziza Yuniarti, Kepala Seksi Bimbingan Lelang I, Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah.

 

Purwito menyampaikan saat ini Nilai Barang Milik Negara (BMN) Kalimantan Selatan sebesar 45,5 T dengan Universitas Lambung Mangkurat adalah Satuan Kerja dengan Nilai BMN terbesar yaitu 7,8 T. Barang Milik Negara (BMN) sebagai Revenue Center sangat memberikan peran penting dalam APBN, mengapa demikian? BMN merupakan penyokong Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), sebagai sumber Pembiayaan APBN, Penentu Quality Spending, Pembangun Infrastruktur, serta sebagai sumber pendanaan IKN baru.

 

“Saya berharap mahasiswa dan civitas akademika makin peduli dan memahami arti penting Pengelolaan Kekayaan Negara, karena hal ini merupakan pendukung yang besar dalam sumber pembiayaan APBN” tambah Purwito

 

Antusiasme peserta DGTC ULM 2021 terlihat saat Aziza Yuniarti, Narasumber Materi Lelang menyampaikan paparannya. Peran lelang dalam Perekonomian Nasional yaitu Membantu Pemulihan Kekayaan Negara, Membantu Penyelesaian Non-Performing Loan dengan mendatangkan PNBP serta meningkatkan Potensi Nilai Barang.

 

“informasi lelang resmi hanya melalui situs online www.lelang.go.id dan Uang Jaminan Lelang tidak melalui rekening pribadi” tambah Aziza Yuniarti



Pada akhir kegiatan, MC menyajikan kuis akhir yang berisi pertanyaan seputar materi yang dijelaskan sebelumnya. Panitia juga menyediakan hadiah menarik untuk pemenang kuis dan peserta aktif yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman pada kalangan akademis khususnya mahasiswa/i terkait APBN dan pengelolaan kekayaan negara yang merupakan tugas dan fungsi DJKN, untuk Indonesia yang lebih baik.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani, Km. 29,5 Banjarbaru Kalimantan Selatan - 70721
(0511) 4783527
(0511) 4784399
kanwildjkn12@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |