Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Edukasi Lelang Melalui RRI
Iwan Kurniawan
Selasa, 24 Maret 2020   |   171 kali

                    Pada hari Senin (16/03/2020), Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Selatan dan Tengah, Ferdinan Lengkong beserta Kepala KPKNL Banjarmasin, Sugeng Harijadi, berkesempatan menjadi narasumber pada acara Dialog Spesial Lintas Siang di RRI Pro 1, Banjarmasin. Acara ini diselenggarakan masih dalam rangka memeriahkan 112 tahun Lelang Indonesia. Acara yang diselenggarakan mulai pukul 10.00 WITA sampai dengan 11.00 WITA ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama pemaparan dari narasumber, sedangkan sesi kedua diisi tanya jawab melalui telepon interaktif  dengan para pendengar RRI Pro 1, Banjarmasin.

             Sesi pertama dibuka dengan pemaparan Ferdinan Lengkong terkait tugas dan fungsi DJKN, pengenalan KPKNL-KPKNL di dalam lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, serta wilayah kerja Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. Disampaikan pula oleh Ferdinan Lengkong  pengertian lelang, jenis-jenis lelang, maupun fungsi lelang. Selanjutnya, Sugeng Harijadi menyampaikan bahwa KPKNL Banjarmasin, sebagai ujung tombak pelayanan DJKN, mempunyai wilayah kerja di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan yang terdiri dari 11 kabupaten dan 2 kota. Selain itu, Sugeng Harijadi juga memaparkan tata cara pelaksanaan lelang dan keunggulan lelang antara lain  lelang bersifat objektif karena lelang dilaksanakan di muka umum, tidak ada perbedaan hak dan kewajiban diantara peserta lelang, bersifat aman karena lelang dilaksanakan oleh dan di hadapan Pelelang/Pejabat lelang selaku pejabat umum yang independen, lelang juga bersifat otentik dengan adanya Risalah Lelang sebagai berita acara dan alat bukti. Terakhir Sugeng Harijadi menyampaikan bahwa lelang juga memiliki sifat kompetitif yaitu mewujudkan harga yang wajar karena pembentukan harga lelang pada dasarnya menggunakan sistem penawaran yang bersifat terbuka dan transparan.

             Pada sesi kedua yang merupakan sesi telepon interaktif dengan para pendengar RRI Pro 1, Banjarmasin, diterima beberapa pertanyaan dari pendengar terkait mekanisme lelang dan seluk beluk lelang lainnya , seperti lelang Barang Milik Daerah maupun lelang gratifikasi. Semua pertanyaan pendengar dijawab dengan singkat namun tuntas oleh Ferdinan Lengkong, maupun Sugeng Harijadi.

             Sebagai closing statement di penghujung acara, Ferdinan Lengkong menyampaikan tentang portal lelang online DJKN yang dapat diakses masyarakat melalui website www.lelang.go.id. atau aplikasi Lelang Indonesia, untuk memudahkan masyarakat mengakses segala informasi tentang lelang. Serta tidak lupa juga disampaikan himbauan agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap maraknya penipuan lelang yang terjadi dengan modus menawarkan barang dengan harga yang sangat murah.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini