Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Cinta Tanah Air adalah yang Utama
Hernawan Rahman Hakim
Jum'at, 31 Agustus 2018   |   429 kali

Jangan ada pegawai Kementerian Keuangan yang terlibat dalam paham radikal dan aliran sesat”. Demikian yang sangat ditekankan oleh Bapak Andriono Basuki Putro dari unit Bimbingan Mental Setjen Kementerian Keuangan dalam acara Pembinaan Mental Pegawai Kementerian Keuangan yang bertajuk “Membangun Cinta Tanah Air”, pada hari Kamis 30 Agustus 2018, bertempat di Aula pertemuan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah di Jalan Ahmad Yani km 29,5 Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut, selain dilarang mengikuti paham radikal dan aliran sesat, pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan juga diperingatkan untuk tidak melakukan “like n share” paham radikal dan aliran sesat pada media sosial (medsos). Hal ini yang menjadi perhatian pemerintah dan akan terus dipantau agar dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin. Pemateri atau yang akrab disapa dengan Abas menyampaikan bahwa setiap level pimpinan di lingkungan kementerian Keuangan harus memastikan tidak ada pegawainya yang memiliki paham radikalisme dan aliran sesat.

Dalam acara bimbingan mental tersebut terdapat beberapa poin lain yang juga disampaikan yaitu pertama, unit pembinaan mental dan pengurus masjid/peribadatan di lingkungan Kementerian Keuangan harus menjaga suasana tetap kondusif, damai dan menjaga stabilitas kerukunan, persatuan dan sinergi antar unit. Kedua, pegawai Kementerian Keuangan selaku ASN menjaga netralitas pada kegiatan Pilkada, Pilpres, Pileg, dan kegiatan politik praktis. Ketiga, ASN Kementerian Keuangan dilarang ikut campur / melakukan aktivitas medsos yang mengandung ujaran kebencian, politik praktis dan penghinaan pada simbol negara / pihak lain serta melakukan koordinasi dengan pimpinan setempat dan unit pembinaan mental dan agama bila ada indikasi / keterlibatan pegawai terhadap hal-hal tersebut.

Acara bimbingan mental ini, dibuka oleh Bapak Joko Prihanto Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam pembukaan yang disampaikan oleh Kakanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah tersebut sangat ditekankan bahwa pegawai sudah seharusnya menerapkan bimbingan mental agar tumbuh rasa cinta tanah air di lingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, Bapak Joko Prihanto menyampaikan bahwa acara bimbingan mental ini sebagai ajang silaturahim antar pegawai Kementerian Keuangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadir dalam acara ini adalah pegawai dan pejabat eselon di lingkungan Kementerian Keuangan yang berasal dari Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Perbendaharaan, dan Ditjen Kekayaan Negara. Jumlah seluruh peserta sekitar 120 orang yang sangat antusias dalam mengikuti acara bimbingan mental ini. Semoga setelah acara ini diharapkan pegawai Kementerian Keuangan dapat menambah rasa cinta kepada tanah air.


Ditulis oleh : Beta E Adna


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini