Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kantor Pusat DJKN Adakan Rapat Persiapan Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019
Arief Nugroho
Kamis, 01 Maret 2018   |   179 kali

Banjarmasin - Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan Rapat Persiapan Penyusunan Pagu Indikatif Unit DJKN Tahun Anggaran 2019 pada 21-23 Februari 2018. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Golden Tulip Banjrmasin.

Rapat diikuti satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Tengah dan DIY, Kanwil DJKN Jawa Timur, Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) dan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Sementara dari Kantor pusat dihadiri Kepala Subbagian Perencanaan Bagian Keuangan beserta tim dan tim dari Biro Perencanaan Kementerian Keuangan.

Kepala Kanwil Kalselteng Joko Prihanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih Banjarmasin dipercaya menjadi tuan rumah. Acara persiapan penyusunan pagu indikatif memegang peranan penting karena akan menentukan arah kemana APBN pada tahun mendatang sebagaimana dikemukakan Joko Prihanto. “Siklus APBN dimulai dari  perencanaan. Siapapun yang terlibat dalam proses persiapan perencanaan sangat penting dan berperan besar karena ending dari acara seperti ini akan terbentuk menjadi APBN. Apa yang dibahas sekarang ini bisa menentukan kualitas APBN walaupun sebagian kecil. Ikuti dengan baik, cermati, persiapkan materi dengan baik, diskusikan dengan teman-teman bagian keuangan  kantor pusat, rocankeu, sehingga output-nya memiliki kualitas yang memadai, ” tutur Joko Prihanto. Pria asal Purwokerto itu menambahkan bahwa sistem anggaran sekarang adalah anggaran yang berbasis kinerja. “Tentunya harus melihat RENSTRA karena DIPA masing-masing kantor harus matching dengan RENSTRA. Sekali lagi peran anda menentukan arah dan kualitas APBN. Buat rencana dengan cermat, teliti dan sedetail mungkin,” tuturnya.

Selanjutnya Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan Ririen Fransisca mengawali acara dengan sharing session Kebijakan Umum Penyusunan Anggaran Lingkup DJKN. Ririen mengatakan kegiatan persiapan pagu indikatif ini diadakan untuk menampung aspirasi dari semua unit dengan seluas-luasnya. Keinginan-keinginan dari semua unit di daerah akan diperjuangkan di kantor pusat khususnya di Bagian Keuangan, walaupun DJKN juga merupakan satuan kerja, “Harapan kami setelah ini akan mengerucut sampai dengan pagu alokasi. Kami siap “berantem” dengan teman-teman dari Rocan dan teman-teman dari DJA untuk memperjuangkan keinginan bapak ibu. Kami minta dibantu dengan daya dukung yang kuat agar argumentasi kami bisa diterima,” tandas Ririen.

Pada tempat yang sama, Kepala KPKNL Banjarmasin Abdul Malik berharap acara ini bisa berlangsung dengan lancar sehingga saat yang akan datang DIPA pada satuan kerja sesuai dengan kebutuhan satker seperti yang diajukan. Keesokan harinya acara dilanjutkan dengan beberapa materi diantaranya Kebijakan Umum Penyusunan Anggaran oleh Tim dari Rocankeu, Penjelasan atas Perhitungan Capaian Output dan IKU Kualitas Pelaksanaan Anggaran, Review Atas Rencana Kerja dan Anggaran yang telah disusun oleh Tim dan Kasubbag Perencanaan Anggaran. (Teks/Foto : Arief Nugroho/Bidang KIHI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini