Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sukseskan Revaluasi BMN 2017, Tim Koordinasi DJKN Kalselteng Lakukan Rapat Kerja
Arief Nugroho
Kamis, 07 September 2017   |   500 kali

Banjarmasin – Bertempat di Ruang Rapat Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng), Selasa (29/8/2017) diadakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Revaluasi BMN Tahun 2017. Rapat dihadiri oleh seluruh anggota tim Koordinasi Revaluasi Aset BMN 2017 yang berasal dari DJKN dan perwakilan satuan kerja terkait di wilayah Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah.

Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Kalselteng, Sugeng Aprito Lestariadi, mewakili Kepala Kanwil DJKN Kalselteng, dalam pembukaan mengutarakan bahwa penilaian aset ini perlu dilakukan karena tingginya urgensi tujuan pelaksanaan revaluasi aset dengan berbagai pertimbangan yang telah dikaji dengan matang. Hal ini dibuktikan dengan telah adanya payung hukum yang kuat dalam pelaksanaannya, seperti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2017 tentang Revaluasi Barang Milik Negara dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 111 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Penilaian Barang Milik Negara. Tujuan pelaksanaan Rapat Kerja ini, jelas Sugeng, memberikan gambaran kepada seluruh anggota Tim khususnya yang berasal dari satker terkait. Dikarenakan sesuai pesan Menteri Keuangan, dukungan dan peran aktif satker yang terlibat juga sangat dibutuhkan dalam keberhasilan kegiatan revaluasi BMN.

Dalam sesi selanjutnya, Kepala Seksi PKN II Kanwil DJKN Kalselteng, Bambang Sugiyono menyampaikan secara gamblang latar belakang pelaksanaan revaluasi, pembagian tugas tim, teknis pelaksanaan revaluasi, hingga pelaporan hasil revaluasi. Dalam paparannya, Bambang menerangkan bahwa salah satu latar belakang dilakukan revaluasi adalah nilai aset dalam neraca yang cenderung turun akibat penyusutan dalam Sistem Akuntansi Pemerintah, selain untuk meningkatkan kevalidan basis data asset.

Selanjutnya,  anggota Tim Koordinator Revaluasi BMN 2017, Samsuddin, kembali menekankan pentingnya peranan aktif dari satker dalam pelaksanaan revaluasi ini. Samsuddin juga menekankan pentingnya kemampuan dan pemahaman dari petugas yang ditunjuk dari satker perihal aplikasi yang dibutuhkan seperti SIMAN, selain agar target waktu pelaksanaan tercapai, juga agar nilai yang dihasilkan lebih valid.

“Kami juga meminta bantuan Saudara agar dapat segera memetakan hambatan-hambatan yang ada dan disampaikan kepada kami untuk segera dicarikan solusinya,” terang Samsuddin.

Dalam sesi berikutnya, Kepala Seksi Penilaian I Kanwil DJKN Kalselteng, Bayu Firdaus, memaparkan tata cara Penilaian yang digunakan dalam kegiatan revaluasi BMN 2017. Bayu juga memaparkan teknis pengisian form dalam rangka penilaian metode desktop valuation. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi antar peserta rapat.

“Sesuai pesan Ibu Menteri Keuangan bahwa keberhasilan kegiatan revaluasi BMN ini merupakan hasil sinergi yang baik antara DJKN dan Satker, lebih lanjut tingkat keberhasilan kita bersama dapat mempengaruhi perekonomian Nasional,” tutup Sugeng. (Foto/Teks: Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini