Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menyemarakkan Hari Kekayaan Negara (HKN), DJKN Kalimantan Barat Melaksanakan Kegiatan DJKN Goes To Campus
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Rabu, 23 November 2022   |   62 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak dan Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat berkolaborasi dengan PT. BRI (Persero) Pontianak serta PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Pontianak telah menyelenggarakan kegiatan DJKN Goes To Campus sebanyak 4 (empat) chapter. Chapter pertama DJKN Goes To Campus dilaksanakan di Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak pada hari Senin (24/10) dengan  mengangkat tema Mengapa Literasi Keuangan Digital itu Penting?.

Dalam keynote speech-nya, Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat Edward U.P Nainggolan memotivasi mahasiswa/i untuk terus menggali potensi, meningkatkan wawasan sebanyak-banyaknya agar kelak menjadi generasi muda yang cemerlang. “Saat ini, kita membutuhkan kemampuan literasi digital dan pola pikir teknologi agar dapat bersaing dengan yang lain. Pecahkan tantangan global, ciptakan peluang baru dengan memanfaatkan digitalisasi” ungkap pria yang biasa disapa Edo tersebut.

Chapter kedua DJKN Goes To Campus dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) pada hari Selasa (15/11) dengan mengangkat tema Agent of Change untuk Memajukan Negara dengan Ilmu Literasi Keuangan. “Mahasiswa-mahasiswi yang ada di hadapan saya adalah agent of change yang menjadi harapan besar bagi kemajuan bangsa. Menjadi kewajiban berbagai pihak baik Pemerintah, Lembaga Keuangan, maupun sektor swasta untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang well literate, mampu menggunakan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan” jelas Edward U.P Nainggolan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam keynote speech yang disampaikan saat membuka kegiatan.

DJKN Goes to Campus chapter ketiga, dilaksanakan pada hari Rabu (16/11) bertempat di Aula Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat dengan mengangkat tema Menyikapi Globalisasi, Digitalisasi dan Ekspektasi Masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh 150 orang mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (FEBI IAIN) Pontianak.

Dalam keynote speech­-nya, Edward U.P Nainggolan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyampaikan “DJKN Goes to Campus dengan mengangkat tema Literasi Keuangan Digital hadir ke berbagai kampus sebagai upaya dalam perluasan akses keuangan bagi masyarakat melalui pengembangan digitalisasi, yang dibarengi dengan edukasi serta literasi secara kuat dan luas. Saya yakin keberadaan generasi muda di kampus ini dapat menjadi sentra untuk mengembangkan dan meningkatkan literasi keuangan digital. Kalian adalah ekspektasi masyarakat. Mari tingkatkan daya saing diri dengan memiliki kompetensi sebanyak-banyaknya” harapnya.

DJKN Goes to Campus chapter keempat (terakhir) dilaksanakan di Theater 5 Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura (FH Untan) pada hari Kamis (17/11) dengan  dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa-mahasiswi FH Untan mengngkat tema Siapkan Diri untuk Merespon Transformasi Digital. Edward U.P. Nainggolan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam keynote speech-nya menyampaikan  “menghadapi globalisasi ini kita harus memiliki integritas, nasionalisme dan skill. Salah satu skill yang harus dimiliki saat ini adalah literasi keuangan digital yang mumpuni. Kita wajib tingkatkan kapasitas dan keahlian karena nantinya kita akan bersaing dengan seluruh sarjana-sarjana di Indonesia. Ayo guncang dunia dengan keahlian yang kita miliki” jelasnya.

Pada tiap chapter kegiatan DJKN Goes to Campus selain diberikan opening speech oleh para pimpinan kampus seperti Rektor IAIN Pontianak, Direktur Polnep, Dekan dan Wakil Dekan FEB/FH Untan juga diberikan edukasi kepada para mahasiswa dan mahasiswi  oleh Kepala KPKNL Pontianak beserta Pejabat Fungsional Pelelang dan para pimpinan PT. BRI (Persero) Pontianak serta PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Pontianak. Mokhamad Arif Setyawantika Kepala KPKNL Pontianak misalnya menyampaikan pengenalan Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara serta tugas dan fungsi pada KPKNL, dan Pelelang Ahli Muda Budi Satrio mengisi kegiatan dengan membahas e-auction. Mengenalkan lelang pada platform lelang.go.id sebagai salah satu alat pemasaran/jual beli yang terpercaya sekaligus mengedukasi agar generasi muda dapat mengajak, menginformasikan kembali serta berhati-hati terhadap penipuan lelang yang marak terjadi di masyarakat.

Sedangkan pemimpin PT. BRI (Persero) Pontianak menjelaskan seputar issues, layanan digital saving serta berbagai keunggulan dan IT Support termasuk high security system pada PT. BRI (Persero). Kemudian pemimpin PT. Askrindo yang mengedukasi dan mengajak mahasiswa-mahasiswi untuk mengerti terkait pentingnya asuransi serta bagaimana transformasi PT. Askrindo dalam memberikan layanan yang berkesinambungan untuk mendukung perekonomian nasional.

Harapannya ke depan dengan adanya kegiatan DJKN Goes to Campus akan bisa memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri, memahami potensi ekonomi Indonesia, serta berkontribusi dalam memajukan Negeri.

(ts ap)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini